Connect with us

Ekonomi

OJK Dorong Kehadiran Bank Wakaf Mikro di Kalsel

BANJARMASIN, RK- Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 9 Kalimantan Mohamad Nurdin Subandi menegaskan, berkomitmen untuk mendorong kehadiran Bank Wakaf Mikro di Wilayah Kalsel.

“Provinsi Kalsel ini terkenal dengan masyarakatnya yang religus. Bahkan disini juga banyak sekali terdapat pesantren. Karena itulah kedepannya kami berharap di wilayah ini bisa banyak tumbuh Bank Wakaf Mikro sebagai salah satu wadah pengambangan ekonomi umat, khususnya di wilayah pedesaan,” tegasnya, Rabu (26/06/2019).

Bank Wakaf Mikro sendiri merupakan sebuah lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan memberikan pinjaman modal usaha kepada masyarakat kecil. Pendirian bank Wakaf Mikro pun dilakukan melalui pesantren yang telah mendapatkan izin dari OJK.

Melalui Bank Wakaf Mikro diharapkan dapat membantu masyarakat kecil yang belum tersentuh lembaga keuangan formal, khususnya mereka yang berada di pedesaan maupun pelosok.

“Kita sedang melakukan penjajakan dengan beberapa pesantren yang ada di Kalsel agar mau membentuk Bank Wakaf Mikro. Sejauh ini responnya cukup baik dan bahkan jika berhasil kami siap memberikan pendampingan sampai tuntas,” tegasnya.

Di Wilayah Kalimantan sendiri Bank Wakaf Mikro hanya berjumlah 1 buah, yaitu di Provinsi Kaltim. Padahal secara nasional untuk Tahun 2019 ini Bank Wakaf Mikro ditarget mampu terbentuk hingga 100 buah.

“Kita berharapnya di tahun ini minimal sudah ada 1 buah Bank Wakaf Mikro hadir di Kalsel. Diharapkan kehadiran 1 ini bisa menjadi percontohan lah untuk membuat Bank Wakaf Mikro lainnya diberbagai pesantren yang ada di Kalsel kedepannya,” tukasnya.(AR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial