Connect with us

Olahraga

Kompak Borneo HST Kirim 50 Pemain Kuntau, Ikuti Festival Kayutangi

BARABAI, RK – Para pesilat tradisional (kuntau) yang tergabung dalam Komunitas Persaudaraan Kuntau (Kompak) Borneo Hulu Sungai Tengah,  kembali akan memperlihatkan eksistensinya dengan mengikuti Festival Kayutangi yang diselenggarakan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, 14 Agustus 2019 mendatang.

Pembina Kompak Borneo HST, Fuad Rahman mengatakan, Festival Kayutangi merupakan event lomba pawai seni dan budaya yang akan diikuti lebih dari 20 sanggar  se-Kalsel, sebagai rangkaian memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalsel yang bertujuan memperkuat eksistensi seni dan budaya di Kalsel.

“Beladiri tradisional kuntau diharapkan mampu sejajar dengan seni budaya Banua lainnya, dan mampu tampil atraktif serta menarik. 50 pemain kuntau akan diikutsertakan dalam kegiatan tersebut,”ujar Fuad Rahman, Jumat (02/08/2019) di Barabai.

Dia menambahkan,  hal ini juga sebagai usaha untuk mengikis persepsi umum selama ini bahwa kuntau identik dengan hal-hal mistis dan kekerasan, karena dalam gerakan-gerakan kuntau juga terdapat nilai seni yang patut dibanggakan.

Sementara itu, Ketua Harian Dewan Kesenian Kabupaten HST Muhammad Yani mengatakan, dengan kehadiran dan keikutsertaan Kompak Borneo HST di even-even provinsi, setidaknya ini menunjukkan bahwa eksistensi Kompak mulai memasuki level baru.

“Dan diharapkan mampu menjadi salah satu ujung tombak pelestarian seni beladiri kuntau, yang tentu saja selaras dengan niat bersama bahwa semua pihak mesti mengambil perannya untuk bersinergi melestarikan seni budaya Banua. Karena budaya adalah investasi kemuliaan peradaban masa depan,” tuturnya.

Kompak Borneo HST merupakan kumpulan para panguntauan (istilah pesilat tradisional kuntau, red) se-Kabupaten HST yang saat ini sudah terdapat lebih dari 20 perguruan yang tergabung dengan anggota mencapai 5 ratusan lebih. Komunitas ini didirikan dengan tujuan melestarikan seni dan budaya kuntau di Kabupaten HST.(MAS)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial