Connect with us

Even

Menumbuhkan Kreatifitas Pengrajin, Digelar Lomba Desain Sasirangan

BARABAI, RK – Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bekerja sama dengan Dekranasda menggelar Lomba Desain Sasirangan se-Kabupaten HST, bertempat di aula Shaza Guest House Barabai, Kamis (5/9/2019).

Tujuan diselenggarakan lomba ini selain untuk menghidupkan Industri Kecil Menengah (IKM) setempat, juga untuk merealisasikan program kerja Dekranasda Kabupaten HST, serta guna meningkatkan dan menumbuhkan kreatifitas pengrajin sasirangan dan sekaligus meningkatkan daya saing industri sasirangan khususnya yang ada di HST.

Ketua Dekranasda HST Hj Ernawati Chairansyah mengatakan, di era teknologi informasi ini kemajuannya sangat pesat dan cepat. Oleh karena itu kita perlu merespons kemajuan ini dengan memanfaatkan sarana teknologi untuk memperoleh informasi tentang desain-desain baru dan teknologi pewarnaan yang semakin maju dan berkembang.

“Menjadi seorang pengrajin yang andal dalam hal desain memerlukan waktu yang cukup lama,” ujar Ketua Dekranasda HST Hj Ernawati Chairansyah.

Akan tetapi dengan ketekunaan belajar, kemauan yang kuat serta berprilaku usaha yang baik, maka Hj Ernawati yakin bahwa kedepan usaha kain sasirangan akan menjadi sebuah komoditi unggulan yang dapat kita andalkan untuk menggerakan ekonomi masyarakat.

Bagi para pengrajin dalam memasarkan sasirangan harus mencantumkan Dekranasda HST di kemasan produknya, agar masyarakat mengenal hasil hasil karya HST.

Pada Hari Jadi Kabupaten HST nanti, diharapkan semua peserta lomba ini kebagian orderan dalam membuat sasirangan untuk dapat dipakai seluruh undangan.

Panitia Penyelenggara Lomba Desain Sasirangan Ilaliah Rahmi mengatakan, lomba tersebut merupakan agenda tahunan Dekranasda HST dalam rangka mengangkat poteni IKM HST.

Lomba membudayakan cinta produk daerah, meningkatkan keterampilan dalam mendesain dan memadankan warna, dan dalam perlombaan dipastikan ada kalah dan menang.

“Jadikanlah kegiatan ini sebagai acuan untuk meraih yang lebih baik lagi di masa mendatang dan menumbuhkan kreatifitas pengrajin lokal kita agar makin bersaing dengan produk dari luar dari,” katanya.

Menurut dia, berdasarkan tampilan seluruh desain sasirangan yang dipajang, sudah menunjukkan adanya kreasi kain sasirangan yang sangat bagus.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, juara pertama diraih Talabang Halus di Batu Nang Ganal motif karya dari Efendi Putra, juara dua Senja Kuning di Bajandik motif karya Helda Apidini serta juara tiga Save Meratus motif karya Erwin Hartanto.(JON)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial