Connect with us

Ragam

Yayasan Dangsanak Syiar Islam di Pegunungan Meratus

BANJARMASIN, RK – Sebuah yayasan yang bergerak dalam kegiatan keagamaan, yakni Yayasan Dangsanak selalu menyemangati kegiatan pembinaan mualaf yang tersebar di Pegunungan Meratus, Provinsi Kalimantan Selatan.

Seperti pada peringatan Tahun Baru Islam yang dilaksanakan di Gedung Islamic Center, Desa Paramasan Bawah, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar, yayasan yang dipimpin Prof Akhmad Fauzi Asri MA ini hadir bersama ratusan umat Islam di kawasan perbukitan tersebut, dan sebagian besar yang hadir adalah para mualaf, Jumat (13/9/2019).

Dalam kegiatan tersebut, Yayasan Dangsanak menyampaikan bahwa mereka terus mendukung kegiatan keagamaan di sana termasuk dalam memberikan bantuan ibadah kur’ban yang sudah dilaksanakan dalam empat tahun terakhir ini.

Selain itu, Yayasan Dangsanak juga akan menerjukan para dai untuk memberikan tausiah atau ceramah jika kawasan tersebut memerlukannya.

Yayasan bekerjasama dengan para ustadz yang sudah lama berada di kawasan pemukiman yang sekarang masih didominasi penduduk non muslim, seperti kepercayaan Kaharingan.

Dalam upaya menyemangati keagamaan di Pegunungan Meratus tersebut, pihak yayasan sudah membeli sebuah tanah seluas 500 meter. Tanah itu sudah diwakafkan dan dibangun sebuah gedung Islamic Center.

Sementara dana pembangunan gedung tersebut dibiayai oleh Pemkab Banjar. Gedung Islamic Center bisa digunakan untuk peribadatan seperti pengajian yang dilaksanakan setiap hari minggu, setiap pengajian dihadiri ratusan orang yang sebagian besar para mualaf.

Menurut ustadz sekaligus Ketua MUI Paramasan, diwilayahnya dalam tahun-tahun terakhir telah mualaf sebanyak 156 orang, dan masih banyak yang akan menyusul.

“Karena itu, dukungan Yayasan Dangsanak dalam pembinaan para mualaf tersebut sungguh diperlukan,” ujar Prof Akhmad Fauzi Asri MA.

Selain Yayasan Dansanak,  dalam pembinaan dan kegiatan tersebut juga didukung oleh Baznas Kalsel.

“Kegiatan memperingati Tahun Baru Islam tersebut diadakan beberapa lomba diantaranya lomba azan, lomba membaca dua kalimah syahadat beserta artinya, lomba alasan mengapa masuk Islam bagi para mualaf. Saat itu juga diberikan hadiah oleh Yayasan Dangsanak terhadap pemenang lomba,” pungkasnya.(AKF)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial