Connect with us

Olahraga

Galang Juara Turnamen Catur Cepat Terbuka Gubernur Cup 2019

BANJARMASIN, RK – Pecatur muda Hulu Sungai Tengah (HST) sukses menjuarai Turnamen  Catur Cepat Terbuka Gubernur CUP  tahun 2019 yang digelar di Aula Rektorat ULM Banjarmasin, sejak 25 hingga 27 Oktober 2019.

Meski baru berusia 13 tahun atlet bernama Galang Aditya Wardhana itu mampu menyingkirkan lawan-lawannya di kelompok junior yang kebanyakan lebih berpengalaman darinya.

Galang mengaku bersyukur bisa kembali meraih penghargaan dan bisa kembali mempersembahkan tropi  untuk Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Siswa kelas VII SMPN 10 HST ini juga mengakui bahwa raihan ini tak lepas dari peran dari Pengcab Percasi Kabupaten HST dan KONI HST yang selama ini mendukung dan memfasilitasi serta membina dirinya.

“Ke depan saya ingin lebih baik lagi. Ini akan menjadi pelecut untuk saya berusaha lebih keras lagi,” ucapnya.

Ketua Pengprov Percasi Kalsel, M Amin mengatakan bahwa turnamen catur yang resmi dibuka Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diwakili Kadispora Kalsel, Hermansyah ini merupakan yang pertama terbesar di Kalsel dengan jumlah peserta terbanyak.

“Selain Kalsel peserta juga berasal dari Papua, Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Bekasi Jawa Barat (Jabar) yang diikuti 166 pecatur senior dan 72 pecatur Junior,” terangnya.

Bersaing dengan 71 pecatur lainnya, tanpa kendala berarti Galang berhasil masuk ke 16 besar melalui sistem swiss perfect 9 babak. Dan di 16 besar melalui sistem gugur Galang secara perlahan mampu menyingkirkan lawan-lawannya hingga masuk ke 8 besar dan semifinal sampai melaju ke babak final dan akhirnya menjuari turnamen catur cepat terbuka tersebut.

Dari raihan ini, selama bulan Juli hingga Oktober, Galang telah berhasil mempersembahkan 5 trofi untuk Kabupaten HST.

Tercatat sebelumnya,  Galang membawa pulang dua medali emas pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur se-Kalsel tahun 2019 yang digelar 5-7 Juli 2019 lalu di Banjarmasin, yaitu sebagai juara pertama pada kelompok SMP dan juara pertama pada kelompok campuran senior/junior.

Selanjutnya, kembali meraih juara kedua kelompok SMP pada Kejuaraan Catur Walikota Samarinda CUP tingkat pelajar se- Indonesia yang digelar 19-21 Juli 2019 oleh Dispora Kota Samarinda bersama Pengcab Percasi Samarinda di GOR Segiri Samarinda, Kalimantan Timur.

Dan sukses meraih juara ketiga pada Pertandingan Catur Cepat Terbuka Rektor CUP IV dalam rangka Dies Natalis ke-61 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tahun 2019 yang digelar di Banjarmasin, September yang lalu.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten HST Yajid Fahmi, Selasa (29/10) di Barabai via telpon mengapresiasi atas prestasi tersebut, apa yang diraih atlet muda catur ini tentunya turut membanggakan nama daerah.

“Terima kasih kepada atlet, pelatih, Percasi HST yang telah konsisten dalam  pembinaan atlet dan klub sehingga bisa kembali menoreh prestasi yang membanggakan,” katanya.

Tambah Yajid, dirinya memohon perhatian lebih dari pemerintah daerah terkait capaian prestasi olahraga di daerah.

“Untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada tahun 2021 nanti, ditahun 2020 akan dilaksanakan pencanangan  menuju prestasi, untuk itu mohon dukungan kepada semua pihak demi martabat daerah dalam bidang olahraga,” pungkasnya.(MAS)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial