Connect with us

Politik

Tamzil akan Bertarung di Pilkada HST 2020?

BARABAI, RK – Kendati pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) digelar 2020 mendatang, namun sejumlah figur mulai disebut-sebut bakal meramaikan pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Terbaru, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HST HA Tamzil juga didorong oleh Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kabupaten HST agar maju sebagai bakal calon Bupati HST.

Bahkan, beberapa pengurus di internal Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kabupaten HST sudah mendatangi rumah Ketua umum DHC 45 HST, HA Tamzil, Selasa (29/10) lalu. Rombongan yang  dimotori Ketua Harian DHC 45 H M Hasbi menyampaikan dukungan kepada HA Tamzil untuk maju sebagai calon bupati pada Pilkada Hulu Sungai Tengah 2020 mendatang.

HM Hasbi menyebutkan beberapa alasan kenapa pihaknya mendorong agar HA Tamzil maju bertarung pada Pilkada HST 2020 mendatang.

Menurutnya, sosok HM Tamzil sudah tidak asing lagi baik itu dikalangan birokrasi maupun dimasyarakat HST pada umumnya. Tamzil dikenal sosok pemimpin yang dicintai bawahannya, dekat dengan masyarakat serta memiliki segudang pengalaman dan prestasi baik di pemerintahan maupun dalam pembinaan terhadap masyarakat di bumi Murakata.

“Kami sudah menemui HA Tamzil dua hari lalu dan kami berkomitmen mendukung HA Tamzil sebagai bacalon Bupati dengan harapan terpilih menjadi Bupati HST. Di bawah kepemimpinan beliau kami optimistis HST akan lebih maju dan lebih berjaya lagi,” katanya, Jumat (1/11/2019).

Hasbi juga membeberkan, HA Tamzil diketahui mempunyai segudang pengalaman dan prestasi. Beliau pernah mengantarkan HST dari sisi pengendalian kependudukan dengan indeks TFR (Total Fertiliric) HST diangka 2,6 , artinya tingkat kelahiran rata-rata di HST perpasangan diusia subur hanya 2,6 di bawah nasional saat itu 3,2.

Selain itu, tambahnya lagi, Tamzil juga berhasil membantu pimpinan meraih penghargaan Manggala Karya Kencana (penghargaan bidang tertinggi bagi KB) Tahun 2003 dan Manggala Karya Kencana dari Presiden untuk ketua TP PKK HST.

“Berkat keuletan dan kesuksesannya dalam bekerja, Tamzil diberikan kesempatan menjabat sebagai Sekretaris Bappeda Kabupaten HST (2004-2006). Dengan semangat belajar dan terus belajar guna kemajuan banua dan pemerintahannya, dia pun sangat memahami dan lihai dengan sistem penyusunan anggaran perencanaan Pemkab HST,” nilai Hasbi.

Terlintas masih diingatan Hasbi, saat menjabat sebagai kepala dinas pendidikan, Tamzil juga berhasil mengantarkan pimpinan mendapatkan penghargaan Satya Lencana Bidang Pendidikan tahun 2007.

Tuturnya lagi, Tamzil juga berhasil menghantarkan penghargaan tertinggi dari PGRI yaitu Maha Dwija Praja Nugraha, serta pernah menjabat sebagai kepala Bawasada tahun 2008 yang bertugas melakukan revitalisasi pengawasan internal di lingkup Kabupaten  HST dan menjabat sebagai kepala Bappeda dan mengantarkan mengawal siklus perencanaan pembangunan di HST.

“Pada Tahun 2011, Tamzil juga tercatat menjadi asisten II bidang ekonomi pembangunan dan berhasil menuntaskan pembebasan jalan lingkar sepanjang 8,4 Km bersama teman-temannya selama 9 bulan,”beber Hasbi.

Lebih lanjut Hasbi menceritakan prestasi gemilang dari pria yang pernah menjabat Ketua Umum Karate Inkai ini adalah saat menjabat sebagai kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) bersama dengan pasukan kuning berhasil  menghantarkan satu-satunya Kabupaten se-Banua Anam mendapatkan anugerah adipura 3 tahun berturut turut.

Dan selanjutnya juga berhasil  meraih adipura kategori kota kecil, sehingga tercatat sampai beliau menjadi Sekda Kabupaten HST sudah 6 piala adipura yang diraih HST.

“Yang juga patut diacungin jempol adalah dibawah koordinasinya, Tamzil mampu mengembalikan pengelolaan anggaran pemerintahan meraih kembali predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sempat bernilai  Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” ujar Hasbi.

Terpisah, terkait dukungan terhadap dirinya untuk maju sebagai bacalon Bupati HST, Tamzil mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan terhadap dirinya.

“Kalau saat ini saya memang masih fokus membantu pimpinan sebagai Sekda Kabupaten HST dalam menjalankan roda pemerintahan hingga masih habis pengabdian,” kata Tamzil yang dikenal sangat dekat dengan habaib dan ulama itu.(SGA)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial