Connect with us

Ekonomi

Edu Park Mampu Tekan Alih Fungsi Lahan

JOGJAKARTA, RK- Seiring perkembangan waktu, lahan pertanian terus menyusut. Hal ini tidak hanya dihadapi Provinsi Kalsel, namun juga Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Setiap tahunnya, kurang lebih 200 hektar lahan pertanian berubah menjadi perumahan dan bangunan akibat pertumbuhan penduduk dan faktor lainnya.

Melihat hal itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jogjakarta berupaya melakukan langkah antisipasi. Salah satunya dengan cara membuat Farm Education Park. Lahan seluas 10 hektar lebih disulap menjadi taman edukasi yang di dalamnya terdapat semua jenis tanaman sayur, holtikultura, dan herbal.

Tidak hanya itu, beberapa jenis hewan peliharaan seperti sapi, kambing, kelinci, ayam, dan lainnya juga berhasil dibudidayakan secara intensif.

“Sudah satu tahun terakhir kami berhasil membudidayakan semua tanaman dan hewan yang bernilai ekonomis. Untuk pakan kami gunakan bahan konsentrat, sehingga pengeluaran bisa ditekan sekecil mungkin,” ucap Kepala UPTD Balai Pengembangan Produksi dan Pengawasan Mutu Pertanian Pemprov Jogjakarta Ir Suharto Budiono, Sabtu (2/11/2019).

Sebagai salah satu taman edukasi, ternyata berhasil menarik minat masyarakat Jogjakarta dan sekitarnya untuk menimba ilmu bercocok tanam atau memelihara hewan seefektif mungkin, sehingga bisa mendatangkan keuntungan maksimal.

“Jika dipersiapkan dengan baik, sektor pertanian dan peternakan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat,” terangnya.

Keberhasilan Jogjakarta membuat Education Park menjadi perhatian BI Perwakilan Kalsel mengingat juga memiliki Education Park di kawasan Banjarbaru.

Deputy Direktur BI Kalsel Dadi Esa Cipta mengaku banyak mendapat informasi terkait Edu Park yang nantinya juga akan dikembangkan di Kalsel.

“Edu Park yang dikelola BI Kalsel konsepnya juga sama dengan punya Jogjakarta. Nantinya kami akan kembangkan lebih jauh lagi termasuk peternakan dan tanaman herbal. Keinginan kami mampu mendongkrak perekonomian warga Kalsel,” tutupnya.(HDR)

Editor: Sandi Firly

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial