Connect with us

Pemerintahan

Kades Pertanyakan Alasan DPRD Kapuas Tolak Rencana Pinjaman Daerah

KUALA KAPUAS, RK – Para kepala desa (kades) yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mendatangi kantor DPRD setempat, Senin (4/11/2019).

Kedatangan kades untuk mempertanyakan alasan DPRD Kapuas menolak rencana pinjaman daerah Rp610 Miliar Pemkab Kapuas ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk membiayai pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di daerah setempat.

Karena kebetulan pimpinan dan anggota DPRD Kapuas hari ini sedang melaksanakan kunjungan kerja luar daerah, sehingga para kades hanya diterima salah satu anggota dewan, Lawin, yang terpaksa harus membatalkan keberangkatannya lantaran menerima kedatangan kades.

“Kedatangan kami ke sini (Kantor DPRD) ingin tahu dasarnya apa penolakan (dana pinjaman) itu. Karena kami dengar dari paparan bupati, pinjaman itu untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, lebih-lebih untuk Kapuas Ngaju yang akses jalannya masih susah,” kata Budi Sandoro, Kepala Desa Timpah.

Sementara itu menanggapi perihal kedatangan kades ke DPRD, Ketua DPRD Kapuas, Ardiansah, mengatakan, sebenarnya tidak ada yang patut dipertanyakan oleh kades, sebab secara proforsional antara DPRD dan kades itu beda porsi dan ranah, apalagi jika ditinjau dari sisi kewenangan.

Kedatangan para kades ke rumah wakil rakyat sangat disayangkan Ardiansah, karena kedatangan tersebut disaat DPRD ada pelaksanaan tugas ke lembaga lain di luar daerah.

“Mestinya mereka (kades) kirim surat resmi ke DPRD dan nanti kita jadwalkan pada pertimbangan rapat Banmus, sehingga lebih elegan dan masuk secara prosedural,” katanya melalui rilis yang disampaikannya kepada awak media, Senin (4/11/2019).

“Tentu saja DPRD secara kelembagaan akan menyambut bapak ibu para kades dengan segala kesiapan yang pasti sesuai harapan kades, dan jangan nyelonong. Hargai lembaga dan institusi pemerintahan yang ada,” tambah Ardiansah.(IRF)

Editor: Agus Salim

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial