Connect with us

Kota Banjarmasin

Ribuan Warga Banjarmasin Belum Punya E-KTP

BANJARMASIN, RK – Ribuan warga di Banjarmasin ternyata masih belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Sebagai gantinya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin menerbitkan KTP Sementara yang memiliki legalitas dan kekuatan yang sama sehingga bisa dipergunakan masyarakat sebagaimana mestinya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Banjarmasin H Khairul Saleh M.Si mengungkapkan, secara keseluruhan sudah 15 ribu lebih penduduk Banjarmasin yang memiliki KTP Elektronik.

“Sementara yang belum memiliki jumlahnya mencapai 1000 lebih, meskipun sudah terekam dalam data kependudukan secara online,” ujarnya kepada Riliskalimantan, Kamis (7/11/2019).

Menurutnya, pihaknya belum mendapat kiriman blanko KTP Elektronik dari Kemendagri di Jakarta. “Tidak hanya Banjarmasin saja yang kekurangan blanko, semua daerah menghadapi kondisi yang sama,” ucapnya.

Lebih lanjut Khairul Saleh mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemprov Kalsel terkait persoalan minimnya ketersediaan blanko yang ada dan permintaan yang sangat tinggi.

Sementara Kementerian Dalam Negeri juga memiliki skala prioritas terhadap permintaan semua daerah yang masih kekurangan blanko KTP Elektronik.

“Karena keterbatasan stok blanko, permintaan daerah tidak sepenuhnya dikabulkan Kemendagri. Disesuaikan dengan skala prioritas,” terangnya.

Khairul Saleh menjelaskan, adapun ribuan warga yang belum memiliki KTP Elektronik di Banjarmasin didominasi oleh pembuatan KTP Elektronik baru atau pemula, pergantian KTP Elektronik karena hilang atau kerusakan.

“Kebanyak pemula yang memang belum punya KTP Elektronik. Sebagai gantinya kami terbitkan KTP Sementara yang sifatnya sama dengan KTP Elektronik,” pungkasnya. (HDR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial