Connect with us

Politik

Jalur Perseorangan Makin Berat, Dukungan KTP ASN Tak Diperkenankan

BATULICIN, RK – Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Bumbu yang maju melalui jalur perseorangan (independen), tidak diperkenankan untuk mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Selain itu, bakal cabup dan cawabup jalur independen, wajib  menyetorkan dukungannya minimal 23.699 KTP ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanbu, angka itu diambil 10 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ketentuan dan persyaratan bakal calon yang maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Tanah Bumbu tersebut disampaikan Ketua KPU Tanbu Makruri SE, saat sosialisasikan tahapan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanbu tahun 2020, di gedung PKK Jalan Transmigrasi Km 4,5 Kecamatan Simpang Empat, Selasa (12/11/2O19).

Dijelaskannya, penetapan jumlah dukungan minimum persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon itu berdasarkan peraturan KPU.

“Memang pada tahun 2015 lalu jumlah persyaratan dukungan untuk maju jalur independen hanya 8,5 persen dari jumlah DPT, namun pada pilkada 2020 mendatang naik menjadi 10 persen,” jelas Makruri.

Sedangkan  bakal Cabup dan Cawabup yang mendaftar melalui partai politik, mereka harus memiliki dukungan sebanyak 20 persen dari partai politik atau paling tidak memiliki 7 kursi di DPRD Tanbu.

Dia menegaskan, KPU Tanbu tidak membatasi bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang ingin mendaftarkan dirinya, sepanjang syarat dan ketentuan terpenuhi. Karenanya dipersilakan datang ke kantor KPU dengan membawa syarat dukungannya, karena untuk itu belum ada aturan dalam Undang-Undang.

“Semoga dalam pelaksanaan pilkada pada tahun 2020 mendatang yang terpilih adalah orang-orang yang berkualitas, mengingat wilayah Kabupaten Tanah Bumbu sangat luas”, tutup Ketua KPU.(NURUL)

Editor: Agus Salim

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial