Connect with us

umum

BPBD Kapuas Tambah Armada Pemadam Kebakaran

KUALA KAPUAS, RK – Upaya memaksimalkan penanggulangan bencana kebakaran dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah dengan menambah sejumlah armada pemadam kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, mengatakan, pada tahun ini pihaknya telah melakukan pengadaan beberapa unit armada pemadam kebakaran, diantaranya 4 unit mobil tangki kapasitas 4.000 liter, 2 unit mobil slip on dan 2 unit mobil komodo.

“Selain itu, tahun ini kita juga akan mendapatkan hibah satu unit mobil tangki kapasitas 4.000 liter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Jadi, nanti jumlah mobil tangki kita bertambah menjadi lima unit dengan kapasitas yang sama empat ribu liter,” katanya kepada wartawan di Kantor BPBD Jalan Kasturi Kuala Kapuas, (13/11/2019).

Lanjut Sinaga, hibah mobil tangki dari BNPB tersebut juga berdasarkan permohonan dari pihaknya kepada BNPB pada tahun 2018 lalu dalam rangka penguatan sarana prasarana (Sapras) BPBD Kapuas.

“Jadi, tahun 2018 saya ada mengajukan permohonan untuk penguatan Sapras kepada BNPB, sehingga kita disetujui satu unit mobil tangki yang sama kapasitasnya dengan mobil tangki yang kita punya,” ujarnya.

Dia bersyukur telah mendapat bantuan mobil tangki dan hampir setiap tahun pihaknya dapat bantuan. Seperti tahun 2018 lalu dapat mobil pikap yang selama ini digunakan untuk pemadaman.

Ditambahkam mantan Kabag Umum Setda Kapuas ini, progres ke depan bahwa pada tahun 2021 BPBD Kabupaten Kapuas harus sudah benar-benar mandiri.

“Sehingga kita siap ‘tempur’ aja nanti. Jadi, tidak ada lagi nanti toleh kanan toleh kiri karena tidak ada alat untuk melakukan pemadaman,” ujar Sinaga.

Saat ini BPBD Kapuas juga tengah membangun gudang dan garasi. Pembangunan gudang untuk menyimpan peralatan, sembako dan sandang. Sedangkan pembangunn garasi untuk tempat parkir mobil armada pemadam kebakaran.(IRF)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial