Connect with us

umum

1.481 Rumah MBR di Tanbu Sudah Tersambung Leding Gratis

BATULICIN, RK – Program pemasangan gratis sambungan air bersih PDAM yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2019 oleh pemerintah pusat, sudah digarab PDAM Kabupaten Tanah Bumbu. 

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tanbu Ahmad Sobari kepada riliskalimantan.com, Jumat (15 /11 /2019) mengatakan, dari target 1.500 pemasangan MBR ke rumah warga, PDAM tanbu hanya  mengajukan sebanyak 1.482 rumah, dan yang lolos tim verifikasi pusat berjumlah 1.481.

“Satu MBR tidak lolos verifikasi karena dianggap mampu. Kadang rumahnya biasa, tetapi di depan rumah ada mobil, jadi tidak masuk dalam kriteria MBR,” ungkap Ahmad Sobari didampinggi Kabag Teknik, Ardiansyah.

Terkait kegiatan (MBR) tersebut, lanjut Sobari, bersumber dari Dana Alokasi  Khusus (DAK) APBN pusat sebesar Rp4,5 miliar, untuk 1 unit pemasangan jaringan MBR nilainya sebesar Rp3 juta.

Sobari menambahkan, pelaksanaan pemasangan jaringan PDAM ke rumah warga sudah dimulai bulan Juli, dan September sudah selesai.

Pada tahun 2019, pemasangan MBR sudah dilakukan pada 5 kecamatan. Kemudian tahun 2020 mendatang pihak PDAM Tanbu sudah mengusulkan kembali ke pemerintah pusat, dengan alokasi di 6 kecamatan. Diantaranya Kecamatan Karang Bintang, Simpang Empat, Batulicin, Kusan Hulu, Kusan Hilir dan Kuranji.

“Saat ini PDAM Tanbu mulai melakukan pendataan jaringan MBR atau data base line,” jelasnya.

Sobari berharap dengan adanya program MBR ini, masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu tidak ada lagi yang mengonsumsi air yang tak layak.(NURUL/YD)

Editor: Agus Salim

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial