Connect with us

Pemerintahan

Lima Sekolah Ditetapkan Sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Tahun 2019

PARINGIN, RK – Delapan sekolah yang menjadi calon adiwiyata kabupaten, hanya lima sekolah yang lulus dan berhasil ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata kabupaten tahun 2019.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan di halaman kantor Dinas Lingkungan Hidup Balangan sebelum pelaksanaan kegiatan Aksi Penanaman Pohon.

Adapun sekolah yang menerima dan ditetapkan sebagai adiwiyata kabupaten tahun 2019 adalah SDN Gampa, SDN Batu Piring, SMPN 1 Awayan, SMPN 1 Lampihong, dan MAN 1 Balangan.

Kepala Dinas LH, Musa mengatakan, bahwa di antara manfaat program adiwiyata adalah untuk mengubah perilaku warga sekolah untuk melakukan budaya pelestarian lingkungan.

Kemudian, meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan sumber daya dan energi.

“Dapat menghindari sejumlah resiko dampak lingkungan yang terdapat di wilayah sekolah,” ujarnya.

Selain itu juga, dapat mewujudkan masyarakat sekolah yang peduli serta berbudaya dalam lingkungan.

Menciptakan kondisi yang lebih baik bagi pada sekolah untuk menjadi wadah pembelajaran serta juga penyadaran segenap warga sekolah di antaranya murid, guru, oraangtua/wali murid, dan lingkungan masyarakat demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan hidup.

Warga sekolah juga turut bertanggung jawab dalam mengupayakan penyelamatan lingkungan hidup serta pembangunan berkelanjutan.

“Tentu juga untuk mendorong dan membantu sekolah agar dapat turut serta di dalam melaksanakan upaya pemerintah demi melestarikan lingkungan hidup dalam pembangunan yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan demi generasi yang akan datang,” pungkasnya.(ELH)

Editor: Sandi Firly

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial