Connect with us

Olahraga

Dayung Loloskan Nomor Pertandingan Terbanyak PON Papua

BANJARMASIN, RK – Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalsel berhasil menjadi cabang olahraga (cabor) yang meloloskan nomor pertandingan terbanyak pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua September 2020 nanti.

Pada Pra PON cabor dayung di Situ Cipule Jabar belum lama tadi, Tim Dayung Kalsel berhasil meraih 1 perak pada nomor Dragon Boat Mix 22 kru jarak 200 meter, dan 2 perunggu masing-masing pada nomor Kayak 4 jarak 500 meter putra dan Dragon Boat Mix jarak 1000 meter.

Ketua Pengprov PODSI Kalsel Achadiyat Sugian tampak optimis Tim Dayung Kalsel mampu meraih kepingan medali terutama emas di Papua September nanti.

“Ada 20 nomor pertandingan yang dinyatakan lolos PON tahun ini. Persiapan kita tidak sampai 8 bulan. Sepulang Pra PON, kami langsung lakukan pemusatan latihan,” ucap Achadiyat Sugian kepada Riliskalimantan.com di Banjarmasin, Sabtu (18/1/2020).

Sementara itu, Sekretaris Pengprov PODSI Kalsel Donny Wirawan mengungkapkan, dengan persiapan secara mandiri, Tim Dayung Kalsel mampu membuktikan diri di ajang Pran PON yang digelar secara nasional di Jabar.

“Semua jerih payah atlet, pelatih, pengurus, dan semua pihak yang membantu persiapan menuju Pra PON terbayar sudah. Meski mengeluarkan kocek pribadi, kami bisa membuktikan diri meloloskan 20 nomor pertandingan,” terangnya.

Bahkan yang membuat Tim Dayung Kalsel kian diperhitungkan, pada Pra PON lalu Tim Dragon Boat Mix kru 22 jarak 200 meter berhasil mengungguli tuan rumah Jabar di posisi ketiga dengan medali perunggu.

“Tim Jabar sempat tidak percaya dikalahkan Kalsel. Mereka kira kita melakukan TC ke luar negeri. Karena ini nomor unggulan mereka,” beber Donny.

Didampingi pelatih berlisensi internasional Mashyur, Donny mengagendakan sejumlah try out ke Jatim dan Jabar untuk persiapan menuju PON Papua tahun ini.

“Kami agendakan try out ke Jabar dan Jatim. Untuk Tim Kayak Putra, jika memang memungkinkan, akan kami TC kan ke luar negeri, mengingat potensinya sangat besar meraih emas,” kata Donny.

Saat ini, lanjutnya, Tim Dayung Kalsel langsung menggelar latihan proyeksi PON. Mengingat dayung merupakan cabor terukur yang mengandalkan daya tahan, libur latihan beberapa hari saja pengaruhnya sangat besar pada fisik dan stamina atlet.

“Tidak ada istilah libur latihan. Dua hari saja mereka tidak latihan, fisik akan menurun. Atlet digenjot lebih keras lagi terutama fisik dan daya tahan,” pungkasnya. (HDR)

Editor: Sandi Firly

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial