Connect with us

Ekonomi

Disdag Kalsel Bakal Gelar Pelatihan Ekspor Untuk UMKM Lokal

BANJARMASIN, RK- Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel terus berupaya meningkatkan kuantitas ekspor dari produk Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Banua.

Salah satunya dengan berencana menggelar kegiatan pelatihan ekspor kepada pelaku UMKM di Kalsel yang dinilai memiliki produk untuk di ekspor ke mancanegara.

“Tahun 2020 ini rencananya akan ada sekitar 100 UMKM yang bisa kita latih untuk bisa mengekspor produknya ke macanegara. Nantinya pelatihan ini akan kita gelar dalam tiga tahap,” ungkap Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disdag Kalsel Riaharti Zulfahani, Selasa (03/03/2020).

Untuk pembicaranya direncanakan akan di isi oleh Kementrian Perdagangan dan Buyer yang punya pengalaman dalam menjual beragam produk lokal ke mancanegara.

“Kalau dari Kementrian Perdagangan materinya seputar perizinan yang diperlukan untuk ekspor. Sedangkan untuk buyer lebih kepada berbagi pengalaman tentang produk apa saja yang dibutuhkan oleh pasar,” tambahnya.

Melalui kegiatan diharapkan kedepannya akan semakin banyak produk UMKM di Banua yang bisa diekspor langsung melalui Kalsel. Dengan di ekspor melalui Kalsel selain dapat lebih menguntungkan UMKM dari sisi margin keuntungan, daerah pun juga mendapatkan keuntungan dari sisi pajak.

“Saat ini hampir sebagian besar produk UMKM kita diekspor melalui daerah tetangga terlebih dahulu. Ini tentunya cukup merugikan pelaku UMKM sendiri maupun Pemerintah Dareah,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial