Connect with us

Balangan

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Pemkab Balangan Sampaikan Imbauan

PARINGIN, RK – Menanggapi merebaknya pendemi virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten Balangan mengambil langkah antisipasi serta menyampaikan imbauan.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Balangan nomor 180/091/umum/2020 tentang imbauan antisipasi penyebaran virus corona.

Ada sembilan point penting yang disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan melalui surat edaran tersebut.

 

Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus corona di Kabupaten Balangan yang pertama  disampaikan agar memberikan informasi dan edukasi yang baik dan benar kepada keluarga/ pegawai/ pekerja/ warga masyarakat di lingkungan masing-masing tentang gejala dan cara pencegahan penularan virus Corona.

Yang kedua ; membudidayakan hidup bersih dan sehat antara laincuci tangan pakai sabun dengan air mengalir secara rutin, batasi menyentuh bagian wajah (hidung, mulut dan mata) sebelum mencuci tangan, gunakan masker jika batuk dan flu ataupun saat berada di ruang publik, tingkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi gizi seimbang, minum air yang cukup, serta laksanakan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, jaga jarak dengan rekan kerja yang sedang menderita flu/batuk/demam/bersin-bersin, menerapkan etika saat batuk ataupun flu (tutup hidung dan mulut dengan tisu atau cara lainnya).

Ketiga ; hindari perjalanan keluar pulau/ luar daerah terutama daerah yang sudah tertularnya virus corona/covid-19. Keempat ; fasilitas-fasilitas umum wajib menyediakan sabun pencuci tangan atau larutan antiseptik yang mudah diakses. Kelim;a membatasi diri untuk datang ke tempat-tempat keramaian umum.

Keenam ; memperbanyak dan menyebarkan informasi pencegahan virus corona/covid-19 di seluruh media internal/media sosial yang bisa diakses. Ketujuh ; apabila terdapat warga yang mengalami gejala demam di atas 38 derajat celsius, filek/batuk/nyeri tenggorokan/sesak napas agar segera memghubungi petugas kesehatan terdekat.

Kedelapan ; posko penanganan gejala virus corona/covid-19 ada di semua puskesmas di Kabupaten Balangan, dan pemerintah daerah menanggung biaya bagi masyarakat yang terindikasi dan melakukan pemeriksaan.

Terakhir ,kesembilan ; apabila terdapat keluarga yang terindikasi gejala virus corona/covid-19 sesegeranya dirujuk ke rumah sakit umum daerah balangan dan menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. (rilis/elh)

Editor: Sandi Firly

 99 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *