Connect with us

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Naikkan Status Siaga Darurat Menjadi Tanggap Darurat COVID-19

BANJARMASIN, RK- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel resmi menaikkan status Kalsel dari siaga darurat menjadi tanggap darurat Virus Corona (COVID-19).

“Naiknya status Kalsel menjadi tanggap darurat dilakukan setelah kami melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),” ungkap Ketua Gugus Tugas P3 COVID-19 Kalsel Abdul Haris Makkie saat kegiatan Konfrensi Pers, Sabtu (21/03/2020) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Dengan status tanggap darurat, maka tiga kabupaten yang berbatasan langsung dengan Kalteng yaitu Kabupaten Barito Kuala yang berbatasan

langsung dengan Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau, dan Kabupaten Tabalong serta Kotabaru yang berbatasan langsung dengan Provinsi Kaltim, diminta lebih meningkatkan kewaspadaan.

“Kami berharap daerah-daerah yang berbatasan dengan Wilayah Kalteng dan Kaltim yang warganya sudah positif terinfeksi Virus Corona bisa lebih waspada dan melakukan pencegahan sebaik mungkin,” harapnya.

Dalam menghadapi Virus Corona dirinya juga menghimbau masyarakat tetap tenang, waspada dan terus memperhatikan perkembangan yang ada.

“Kita akan upayakan untuk mencegah penyebaran virus ini masuk melalui darat maupun sungai,” tegasnya.

Bahkan direncanakan Provinsi Kalsel akan segera melakukan proses screaning yaitu cegah tangkal dengan berbagai pemeriksaan di pintu-pintu masuk perbatasan.

“Untuk bisa melakukan kebijakan tersebut kami sudah berkoordinasi dengan Sekda Kalteng dan Sekda Kaltim. Mereka semua sejauh ini memahami kondisinya,” tambahnya.

Terkait update hasil perkembangan kondisi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) meninggal di Banjarmasin adalah Negatif Virus Corona. Sedangkan untuk 5 PDP di RSUD Ulin kondisinya semakin membaik, bahkan kemungkinan ada beberapa yang akan dipulangkan.

“Saya berharap untuk sementara waktu masyarakat Kalsel untuk tidak bepergian ke luar daerah jika tidak ada hal yang penting. Dengan melakukan hal seperti ini kita sebenarnya sudah ikut mencegah dan melawan penyebaran Virus Corona di Kalsel,” tukasnya.(nisa)

Editor: Arief Syarkawie

 9 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *