Connect with us

Pemkab Balangan

BPBD Balangan Imbau Warga Jangan Buka Lahan dengan Cara Dibakar

PARINGIN, RK – Mendekati musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengimbau masyarakat untuk tidak memanfaatkan musim panas atau kemarau untuk membuka lahan dengan cara membakar.

Kasi Kedaruratan dan Penanggulangan Bencana BPBD Balangan Muhammad Syuhada menerangkan, BPBD terus memantau dan melakukan antisipasi terjadinya Karhutla.

“Antisipasi ini akan dilakukan untuk terus berupaya menekan terjadinya karhutla sedini mungkin, begitu pula kepada warga agar turut serta mencegah terjadinya karhutla,” tegas dia.

Wilayah Kabupaten Balangan, jelas Syuhada, terdiri dari lahan gambut, semak belukar, lahan pertanian dan perkebunan, sehingga sangat rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Menurut dia, untuk daerah-daerah yang masuk kategori rawan karhutla adalah di Kecamatan Batumandi, Lampihong, Paringin dan Paringin Selatan.

“Wilayah di empat kecamatan ini sebagian lahannya mempunyai lahan gambut dan perkebunan sawit, sehingga perlu diwaspadai,” ujar dia.

Selain itu juga ada daerah pegunungan seperti Kecamatan Halong, Tebing Tinggi, Juai dan Awayan juga bisa terjadi karhutla karena banyak kawasan hutan dan perkebunan karet serta lahan pertanian.

“Kita imbau kepada masyarakat agar tidak memanfaatkan musim panas atau kemarau ini untuk membuka lahan dengan cara membakar,” kata dia.(rilis/ elh)

Editor: Sandi Firly

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial