Connect with us

Ekonomi

Penyelenggara Travel Umrah dan Haji Ini Terima Pembatalan Keberangkatan Haji Kemenag

BANJARMASIN, RK- Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia resmi tidak akan memberangkatkan jamaah haji di Tahun 2020. Alasannya otoritas Arab Saudi hingga saat ini tak kunjung membuka ibadah haji dari negara manapun akibat pandemi Covid-19.

Terkait kebijakan ini salah satu penyelenggara Umroh dan Haji di Provinsi Kalsel Ustad Chairani Ideris menerima keputusan tersebut. Walau pun memang disatu sisi sudah ada puluhan orang yang rencananya akan diberangkatkan haji melalui Travel miliknya untuk tahun 2020 ini.

“Ya mau bagaimana lagi. Memang untuk tahun ini situasinya tidak memungkinkan bagi masyarakat untuk berhaji. Karena kalau dipaksakan berpotensi menimbulkan korban jiwa akibat terinfeksi Covid-19,” ujar Owner Travel Umroh dan Haji Nur Ramadhan tersebut, Rabu (3/6/2020).

Untuk itulah dirinya pun berharap masyarakat yang rencananya dijawadwalkan berangkat haji di Tahun 2020 ini bisa memahami dan bersabar.

“Selain itu terus jaga imunitas diri dan kesehatan supaya ditahun depan bisa melaksanakan ibadah haji,” tambahnya.

Sejak pandemi Covid-19 hadir di Indonesia terkhusus Provinsi Kalsel, diakuinya penyelenggara umroh dan haji miliknya ikut mengalami imbas negatif. Bahkan sejak Febuari 2020 lalu belum ada 1 jemaah pun yang dapat diberangkatkan oleh travelnya, baik umroh maupun haji.

“Padahal pada 3 Maret 2020 rencananya ada puluhan orang yang akan kita berangkatkan umroh. Namun karena ada Pandemi Covid-19 dilakukan penjadwalan ulang sampai waktu yang tidak bisa ditentukan,” keluhnya.

Untuk itulah dirinya berharap Pandemi Covid-19 bisa segera berakhir, karena jika terus demikian akan membuat penyelenggara umroh dan haji di Banua semakin terpuruk.

“Semoga wabah ini bisa segera berakhir agar seluruh aktivitas ekonomi yang terdampak bisa segera pulih,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial