Connect with us

Organisasi

UDD PMI Banjarmasin Bantu Sukseskan Terapi Plasma Konvalesen (TPK) Pasien Covid-19 di Kalsel

BANJARMASIN, RK- Terobosan terus dilakukan oleh Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjarmasin dalam ikut memerangi wabah Pandemi Covid-19 yang ada di Banua.

Terbaru adalah dengan berkolaborasi bersama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin untuk mensukseskan Terapi Plasma Konvalesen (TPK) dalam membantu proses penyembuhan pasien Covid-19 di Provinsi Kalsel.

“Jadi TPK ini adalah metode yang sudah dilakukan beberapa daerah di Indonesia untuk membantu penyembuhan pasien Covid-19. Jadi darah pasien yang sudah sembuh diambil plasmanya untuk diberikan kepada pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan insentif,” ungkap Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit, Rabu (3/6/2020).

Dari plasma tersebutlah nantinya pasien Covid-19 yang dirawat akan mendapatkan antibody. Cara ini sudah dilakukan pada beberapa rumah sakit di Jakarta dan sebagian besarnya pasien dinyatakan membaik.

“Nah cara ini juga ingin dilakukan di Kalsel oleh RSUD Ulin Banjarmasin. UDD PMI Kota Banjarmasin kebagian jatah untuk ikut membantu dengan mencocokkan plasma yang datang dengan darah pasien Covid-19 melalui alat yang kami miliki. Apakah plasma ini cocok dan aman untuk didonorkan kepada pasien Covid-19 atau sebaliknya,” tambahnya.

Namun diakuinya untuk saat ini UDD PMI Banjarmasin hanya sebatas mampu mencocokkan plasma dan darah pasien Covid-19 saja. Untuk memproduksi plasma sebagai antibody pasien Covid-19 sendiri masih belum sanggup karena keterbatasan alat yang dimiliki.

“Jadi plasma sendiri untuk sementara kami datangkan dari RSPAD Jakarta dan PMI Pusat. Tapi kalau cara ini sukses bukan tidak mungkin dengan bantuan peralatan dari berbagai pihak UDD PMI Banjarmasin kedepannya bisa memproduksi plasma sendiri dari pasien Covid-19 di Kalsel yang sembuh,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini dirinya meyakini metode TPK tersebut akan banyak membantu dalam meningkatkan pasien Covid-19 yang sembuh di Kalsel. Pihaknya pun mengaku siap dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membantu mensukseskan program tersebut.

“Ini kan bagian dari upaya UDD PMI Kota Banjarmasin dalam ikut membantu Pemerintah Daerah untuk meningkatkan persentase pasien Covid-19 yang sembuh di Kalsel,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial