Connect with us

Olahraga

Hadapi PON Papua, Atlet Dayung Kalsel Digenjot Latihan Fisik Berat

BANJARMASIN, RK – Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalsel tak ingin buang-buang waktu menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua 2020.

Setelah berhasil menjadi cabang olahraga (cabor) yang meloloskan nomor pertandingan terbanyak pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun ini, tugas berat menanti Tim dayung Kalsel yang optimis meraih emas di Papua nanti.

Tim dayung Kalsel langsung digenjot latihan fisik. Langkah awal PODSI Kalsel menggembleng fisik atlet untuk mengukir VO2 Max, yakni salah satu latihan mengukur kandungan oksigen dalam tubuh.

Hal ini menurut Sekretaris PODSI Kalsel Donny Achadiat Sugian sangat penting, mengingat ke depan atlet dayung Banua akan diberikan porsi latihan cukup berat dibanding beberapa bulan lalu.

“Porsi latihan ke depan cukup berat, yakni fisik dan stamina atlet. Agar maksimal kita harus tahu dulu VO2 Max tiap atlet, agar latihan ke depan bisa maksimal,” ucap Donny.

Pemberian porsi latihan cukup berat mau tidak mau diberikan secara bertahap, mengingat cabang olahraga dayung sangat mengandalkan fisik yang prima di samping teknik bertanding.

“Sehebat apapun teknik jika tidak ditunjang fisik yang bagus akan sia-sia. Dalam beberapa pekan ke depan kami akan pulihkan fisik atlet agar kembali prima, setelah itu kembali dipertajam dengan teknik bertanding,” terangnya, Jumat (5/6/2020).

Pada Pra PON cabor dayung di Situ Cipule Jabar 2019 lalu, Tim Dayung Kalsel berhasil meraih 1 perak pada nomor Dragon Boat Mix 22 kru jarak 200 meter, dan 2 perunggu masing-masing pada nomor Kayak 4 jarak 500 meter putra dan Dragon Boat Mix jarak 1000 meter.

“Kami tidak ingin berpuas diri dengan prestasi yang sudah ada. Berhasil meloloskan 20 nomor pertandingan, tentu menjadi tugas berat yang harus kami jalani. Namun target medali emas menjadi semangat besar bagi tim mengharumkan nama Banua di PON nanti,” tutupnya.(hdr)

Editor: Sandi Firly

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial