Connect with us

Seni Budaya

Komplek Makam Sultan Suriansyah Banjarmasin Kembali Dibuka

BANJARMASIN, RK- Setelah sempat ditutup pada Maret lalu karena adanya saling klaim terhadap pengelolaannya, kini masyarakat sudah dapat kembali melakukan ziarah ke Komplek Makam Sultan Suriansyah yang ada di Muara Kuin Banjarmasin.

Pembukaan kembali komplek Makam Sultan Suriansyah untuk masyarakat umum sendiri ditandai dengan dibukanya gembok makam oleh pengelola sah yang tidak lain merupakan zuriat asli dari keturunan Sultan Suriansyah.

“Pembukaan kembali komplek Makam Sultan Suriansyah sendiri tidak lepas berkat dukungan semua pihak. Baik itu para zuriat asli, pemerintah daerah hingga aparat penegak hukum,” ungkap Ketua Harian Badan Pengelola Pemeliharaan Komplek Makam Sultan Suriansyah Banjarmasin H Ahmad Yani, Kamis (18/6/2020).

Sebagai bentuk rasa syukur atas kembali dibukanya komplek Makam Sultan Suriansyah para pengelola maupun zuriat asli menggelar kegiatan doa haul jamak yang dilanjutkan dengan menyantap aneka makanan khas Banjar.

“Intinya ini sebagai bentuk rasa syukur setelah kami semua diberikan kemudahan untuk memperjuangkan hal yang benar dan meluruskan berbagai hal yang salah untuk dituduhkan kepada kami,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini dirinya pun mempersilahkan masyarakat untuk datang kembali ke komplek Makam Sultan Suriansyah untuk berziarah baik siang atau pun malam.

Namun tentunya karena masih ditengah pandemi Covid-19, diharapkan masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan mencuci tangan dengan sabun saat berada di areal makam maupun memakai masker.

“Nanti akan kami siapkan petugas yang berjaga di depan makam untuk mengingatkan penziarah agar dapat mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama,” katanya.

Sementara itu, Hj Raudah, salah satu penziarah mengaku bersyukur komplek Makam Sultan Suriansyah dapat dibuka kembali untuk umum.

“Semoga kejadian penggembokan yang pernah terjadi sebelumnya tidak terulang lagi. Karena sangat merugikan kami para penziarah,” tukasnya.(ar) 

Editor: Agus Salim

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial