Connect with us

Politik

Khairul Saleh dan Habib Ali Kekurangan MS Sebanyak 5.140 untuk Maju di Pilwali Banjarmasin

BANJARMASIN, RK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menggelar Rapat Pleno terbuka rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon perorangan dalam pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin Tahun 2020, Senin (20/7/2020) di G Sign Hotel Banjarmasin.

Dari Rapat Pleno tersebut didapatkan hasil bahwa untuk pasangan calon perseorangan atas nama Khairul Saleh dan Habib Ali Al Habsy masih mengalami kekurangan dukungan Memenuhi Syarat (MS) sebanyak 2.570 orang.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah menjelaskan, karena kekurangan dukungan MS sebanyak 2.570 orang. Maka pasangan tersebut hanya mampu memenuhi dukungan MS sebesar 35.433 orang, padahal syarat dukungan minimal harus sebanyak 38.003 orang.

“Walau hanya kekurangan dukungan MS sebanyak 2.570 orang, namun sesuai aturan dalam perbaikan nantinya mereka harus menyerahkan minimal sebanyak dua kali lipatnya, yaitu sekitar 5.140 orang,” ungkapnya.

Penyerahan kekurangan dukungan MS sendiri dijadwalkan pada tanggal 25-27 Juli 2020 mendatang. Setelah melengkapi dukungan, maka pasangan ini akan mengulang tahapan seperti sebelumnya, yaitu tahapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Apabila dalam verifikasi itu masih kurang, berarti tidak dapat melanjutkan tahapan pendaftaran di tanggal 4 – 8 September 2020 nanti,” tambahnya.

Sementara itu, bakal Calon Wali Kota Banjarmasin jalur perseorangan Khairul Saleh optimis akan tetap lolos dan dapat maju melalui jalur perseorangan di Pilwali Banjarmasin.

“Tim kami akan segera bergerak untuk memenuhi jumlah kekurangan dukungan MS tersebut,” tegasnya.

Dilian pihak, Koordinator Divisi PHL Bawaslu Banjarmasin Rahmadiansyah mengakui kekurangan dukungan MS sebanyak 5.140 orang tersebut sangat riskan bagi pasangan calon perseorangan Khairul Saleh dan Habib Ali Al Habsy.

“Kalau saran saya hendaknya dapat melampirkan dukungan MS yang lebih dari pada itu. Hal itu karena dalam verifikasi administrasi dan faktual sebelumnya ditemukan adanya lebih dari 1300 orang yang berkeberatan atas adanya pernyataan dukungan tersebut,” bebernya.

Hal tersebut menunjukkan bahwasanya jajaran Bawaslu Banjarmasin memang bekerja secara maksimal sehingga masyarakat yang benar-benar mendukung saja yang dimasukkan kedalam data yang terverifikasi.

“Kita harapkan juga kepada pasangan calon agar menyiapkan Liaison officer (LO) mereka sehingga bisa membantu kerja jajaran pengawas pemilu untuk mempermudah dalam pemuktahiran menemukan masyarakat yang benar-benar mendukung pasangan calon ini sesuai dengan fakta dilapangan,” tukasnya.(nisa)

Editor: Arief Syarkawie

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial