Connect with us

Politik

Murjani: Pasangan Abdul Haris-Yuni Abdi Berpotensi Diusung Koalisi Golkar-PAN

BANJARMASIN, RK – Kans pasangan bakal calon (bacalon) Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin periode 2021-2026 Abdul Haris Makkie – H Yuni Abdi Nur Sulaiman HB dinilai memiliki peluang paling besar untuk dijagokan 3 partai politik (parpol) besar Golkar, PAN dan PDIP, meski hingga saat ini DPP partai berlambang pohon beringin masih belum menerbitkan surat keputusan (SK) sosok yang akan diusung.

Seperti diketahui, Abdul Haris Makkie saat ini menjabat Ketua PWNU Provinsi Kalsel dan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalsel. Sedangkan H Yuni Abdi Nur Sulaiman HB merupakan anak tokoh Golkar H Abdussamad Sulaiman (almarhum), pungusaha dan pendiri klub sepakbola Barito Putera.

“Kedua anak tokoh ini paling berpeluang untuk diusung dalam meraih hati pemilih,” ujar Pengamat Kebijakan Publik dan Politik, DR H Ahmad Murjani Mkes SH MH, Rabu (22/07).

Ia menambahkan, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar belum lama tadi, hasilnya 13 Kabupaten/kota secara aklamasi memilih H Sahbirin Noor kembali nakhoda DPD Partai Golkar Kalsel periode 2020 – 2025, dan menargetkan 60%  Pilkada di 7 kabupaten/kota harus dimenangkan. Hal ini tidaklah ringan mengingat harus ada langkah dan strategi jitu dalam membangun koalisi untuk memenangkan bakal calon yang diusung

“Target tersebut tidaklah mudah, 60 persen bisa dicapai jika strategi dan konsolidasi berjalan baik,” tambahnya.

Dia mengungkapkan, sebagai bukti keseriusan dan bisa lebih fokus berlaga di Pilkada Banjarmasin, Abdul Haris Makkie dikabarkan telah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Sekda Kalsel terhitung 1 September 2020. Sehingga, menurut Murjani pasangan Abdul Haris Makkie dan Yuni Abdi Nur Sulaiman sangat ideal dan saling melengkapi untuk merebut suara di Pilkada Banjarmasin. Keduanya mempunyai jaringan maupun peta kekuatan politik yang terstruktur sampai ke akar rumput, baik melaui jaringan Nahdlatul Ulama dan juga jaringan Paguyuban Bakumpai.

“Di samping itu kedua bakal calon ini juga dikenal sebagai anak tokoh Banua yaitu H Akhmad Makkie almarhum dan H Abdussamad Sulaiman HB almarhum,” sebut Ketua STIKES Cahaya Bangsa ini.

Di sini, sambung Murjani, diuji kekuatan mesin politik masing-masing dalam membangun kesepahaman koalisi, tentu kompromi politik lah yang menjadi penentu kesepakatan bacalon Walikota Banjarmasin dan Wakil Walikota.

“Ingat tokoh sentral partai politik dalam koalisi adalah penentu kemenangan bakal calon yang diusung,” tandasnya.

Meski politik dinamis, Murjani memprediksi koalisi parpol di Pilkada Banjarmasin akan satu nafas dengan koalisi parpol pengusung Balon Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilkada Kalsel).

“Jika nantinya di Pilkada Kalsel Golkar dan PAN mengusung Sahbirin Noor-Muhidin, sangat mungkin nantinya di Pilkada Banjarmasin koalisi Golkar dan PAN juga terbentuk dan mengusung Abdul Haris Makkie dan H Yuni Abdi Nur Sulaiman,” ujar Murjani.

Bahkan Murjani memprediksi saat injury time PDIP juga akan berkoalisi dengan Golkar dan PAN untuk mengusung Sahbirin-Muhidin.

“Politik memang dinamis, tapi saya memprediksi akan terjadi koalisi Golkar, PAN dan PDIP di Pilkada Kalsel dan sangat mungkin juga di Pilkada Banjarmasin,” pungkasnya.(sga)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial