Connect with us

Organisasi

UDD PMI Banjarmasin Kembali Kedatangan Kantong Darah Plasma Konvalesen Dari RSPAD Jakarta  

BANJARMASIN, RK- Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kota Banjarmasin terus ikut serta dalam menyembuhkan pasien Covid-19 di Banua melalui terapi Plasma Konvalesen.

Terbaru UDD PMI Kota Banjarmasin kembali mendapatkan tambahan 2 kantong darah Plasma Konvalesen dari RSPAD Jakarta dengan golongan darah A, untuk pasien Covid-19 yang memerlukan penanganan serius pada RSUD yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Kota Banjarmasin.

“Hari ini kita kedatangan tambahan 2 kantong darah Plasma Konvalesen dari RSPAD Jakarta yang diantar langsung oleh pihak rumah sakit TPT Dr. R. Soeharsono Banjarmasin. Kantong darah tersebut tentunya akan segera kita proses supaya dapat digunakan oleh pasien Covid-19 yang memerlukan penanganan serius,” ungkap Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin Dokter Aulia Ramadhan Supit, Selasa (28/7/2020).

Bahkan pihaknya juga sedang berkordinasi dengan RSUD Ulin Banjarmasin untuk membuat sendiri kantong darah Plasma Konvalesen dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh, untuk membantu penanganan Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani yang saat ini diadnosis mengidap Covid-19.

“Kita dari sisi SDAM dan alat siap, untuk data pasien Covid-19 yang sembuh juga mudah dicarinya melalui dinas kesehatan. Jadi kalau memang diperlukan kami siap untuk membuatkannya sendiri,” tambahnya.

Jika ditotal hingga hari ini kurang lebih 20 kantong darah Plasma Konvalesen yang sudah diolah oleh UDD PMI Banjarmasin. Sejauh ini melalui metode Plasma Konvalesen tersebut sudah cukup banyak pasien Covid-19 yang kondisinya membaik bahkan sembuh.

“Makanya kami siap untuk mengolahnya sendiri jika memang diperlukan dengan menggandeng pihak ketiga. Namun tentunya juga harus berkordinasi terlebih dahulu dengan RSUD terkait maupun pihak Pemerintah Daerah,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial