Connect with us

Pemprov Kalsel

Masjid Nor Banjarmasin Dapat Bantuan Sapi Limousin dari Presiden

BANJARMASIN, RK – Presiden Joko Widodo melalui Pemprov Kalsel memberikan sapi Limousin untuk diqurbankan di Masjid Nor Banjarmasin, Kamis (30/7). 

Bantuan diserahkan langsung Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor kepada pihak pengurus masjid.

Paman Birin sapaan akrabnya mengatakan, sapi ini bantuan qurban dari Presiden Joko Widodo, merupakan sapi pemenang hasil kontes di Kabupaten Tapin dengan bobot hampir 900 kg, kisaran harganya pun mencapai Rp75 juta.

Lanjut Paman Birin, setiap tahunnya bantuan hewan qurban dari Presiden selalu berbeda-beda tempat. Tujuannya agar masyarakat dapat merasakan bantuan qurban tersebut, dan kali ini yang berkesempatan untuk mendapatkan bantuan Sapi qurban adalah Masjid Nor Banjarmasin.

“Kita sudah menjalankan amanah Presiden untuk memberikan sapi qurban ke Masjid Nor ini,” katanya.

Selain menyerahkan sapi qurban bantuan dari Presiden, Gubernur juga menyerahkan 1.000 besek terbuat dari purun untuk membungkus daging qurban sebagai pengganti plastik.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup (LH) Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana menuturkan, kondisi Kalsel masih tinggi dalam penggunaan plastik.

Karena itulah, dalam kesempatan ini Gubernur mengimbau untuk sebisa mungkin mengurangi plastik, karena pada saat membagikan daging qurban pasti menggunakan kantong plastik.

“Nah besek dari purun ini selain ramah lingkungan juga bisa mengurangi penggunaan plastik pada saat pembagian daging qurban,” ucapnya.

Alasan lain, lanjut Hanifah, dari sisi ekologi untuk menjaga lingkungan, juga untuk menghidupkan perekonomian masyarakat, khususnya pengrajin purun.

Sedangkan Kadis Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi, mengatakan, tahun ini qurban mengalami penurunan.

“Tak hanya Kalsel, nasional juga turun. Penurunan sampai 10 persen. Dari 9,000-an tahun tahun lalu, sekarang hanya sekitar 8.000-an,” katanya.(Nisa)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial