Connect with us

Hukum

Pasangan Suami Istri Diduga Otak Penggelapan 11 Mobil Rental

BANJARMASIN, RK – Jajaran Subdit 3 Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Kalsel berhasil  mengungkap komplotan penggelapan mobil rental dari Kota Banjarbaru

Ditemui saat  press conference Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifai didampingi Direktur Dit Reskrimum Kombes Pol DR Sugeng Riyadi MH MSi dan Kasubdit 3 Jatanras Kompol Rizal Muttaqin menerangkan, sebanyak 11 mobil rental yang digadaikan dan juga sebagai jaminan utang oleh para pelaku, Kamis (30/7/2020).

11 unit mobil terdiri Suzuki Avanza, Toyota Agya, Honda Jazz, Rush, Innova hingga Xpander dan Daihatsu Grand Max digadaikan mulai dari Rp36 juta hingga lebih.

“Dari 11 unit, 10 mobil berhasil kami amankan diberbagai kota dan kabupaten di Kalsel, terjauh di Tanah Grogot Kaltim dan 1 unit lagi masih dalam pengejaran,” kata Kompol Rizal Muttaqin.

10 mobil dari 11 unit yang diamankan petugas disewa dari seorang warga Banjarbaru pemilik rental mobil bernama Amdiz Williemb.

Para pelaku tersebut adalah pasangan suami istri (pasutri) Tardianto dan Yordania beserta teman-temannya Andi Katul serta Efendi. Kasus ini terungkap setelah ada laporan seorang pemilik rental mobil ke Polda Kalsel.

Pelaku utama yang berperan dalam kasus penggelapan ini Tardianto dibantu isterinya Yordania dan Andi Katul,” lanjut Mochamad Rifai.

Direktur Dit Reskrimum Polda Kalsel Kombes Pol DR Sugeng Riyadi MH MSi menambahkan, kronologisnya berawal dari Tardianto warga Banjarbaru merental mobil berbagai merk kepada Amdiz Williemb. Awalnya pembayaran sewa mobil lancar, namun setelah habis masa sewa mobil tak kunjung dikembalikan, dan ketika Amdiz Williemb menagih yang di dapat hanya janji-janj saja.

“Ini berlangsung dalam kurun waktu sejak Agustus 2019 hingga Maret 2020,” beber Sugeng Riyadi.

Akibat perbuatannya para tersangka dijerat pasal 372 Jo 55,56 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Amdiz Williemb, pemilik mobil yang turut hadir dalam press conference tersebut untuk penandatangan berita acara, mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Kalsel dan Direktur Dit Reskrimum atas tindakan cepat anggota Subdit 3 Jatanras Dit Reskrimum Polda Kalsel dalam mengungkap kasus tersebut.(Nisa)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial