Connect with us

Kabupaten HST

Ditinggal Merayakan Idul Adha, Rumah Misran Ludes Terbakar

BARABAI, RK – Musibah kebarakan kembali terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kali ini si jago merah melalap rumah papan yang ditinggal penghuninya untuk merayakan Idul Adha di tempat keluarga, Jumat (31/7) petang.

Seperti dituturkan Babinsa Desa Babai Koptu Budiyono, sekira 18.45 wita telah terjadi kebakaran satu unit rumah kayu milik Misran, warga Desa Babai RT.004/001, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Saksi mata yang pertama kali melihat api adalah Ardi, tetangga sebelah rumah (adik kandung).

“Saat Magrib tiba-tiba Ardi melihat kobaran api dari rumah Misran di bagian dapur dan langsung membesar,” beber Budiyono.

Lebih lanjut Budiyono menjelaskan, kondisi saat itu rumah sedang kosong karena ditinggal pemiliknya dari pagi hari ke Desa Batu Mandi untuk merayakan Idul Adha di rumah keluarga, kemungkinan besar lupa mematikan kompor.

Api diduga dari kompor minyak tanah yang meledak sehingga langsung membakar bagian dinding dapur yang terbuat dari papan dan atap daun.

Hal ini diperkuat dengan keterangan petugas PLN yang mengecek instalasi listrik bahwa travo PLN terdekat tidak meledak atau overload.

“Jika korsleting listrik, travo PLN terdekat biasanya meledak atau overload,” ucapnya.

Dengan kejadian tersebut Koptu Bidiyono mengimbau kepada warga agar sebelum meninggalkan rumah untuk mengecek kembali jaringan listrik yang masih terpasang agar dicabut. Selain itu memeriksa dapur apakah kompor masih menyala atau sudah padam guna menghindari kejadian serupa.(rls)

Editor: Agus Salim

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial