Connect with us

Pemkab Balangan

Pemkab Balangan akan Tambah Bangunan di Kampung Mualaf Halong

PARINGIN, RK – Tujuh unit rumah yang diperuntukkan bagi mualaf di Balangan masih berdiri kokoh sejak dibangun pada 2013 lalu. Rumah-rumah ini merupakan permukiman yang dikenal sebagai Kampung Mualaf di Halong.

Dibantu oleh Pemkab Balangan dari sumber dana CSR, rumah-rumah itu telah dihuni beberapa keluarga. Memang ada yang kosong, apabila Sabtu dan Minggu atau ada pengajian, rumah-rumah tersebut jadi persinggahan.

Pengelola majelis taklim di Kampung Mualaf, Badaruddin mengatakan, ketujuh unit rumah tersebut diisi oleh para mualaf dari berbagai wilayah di Halong. Lantaran minimnya mata pencaharian di sana, sehingga beberapa bangunan hanya menjadi rumah singgah.

“Rencananya, unit rumah di Kampung Mualaf Desa Halong akan ditambah. Apalagi semakin ramai peminatnya perihal kegiatan keagamaan di kawasan tersebut. Selain itu ada pula musholla yang biasa digunakan para jamaah untuk beribadah,” ujarnya.

Kunjungan Bupati Balangan, H Ansharuddin beberapa hari lalu ke Kampung Mualaf membawa angin segar bagi jemaah dan pengelola. Pemkab Balangan berencana akan menambah bangunan di kawasan tersebut. Selain itu juga membantu pengembangan tempat ibadah di sana.

Saat ini, pihaknya memang berkeinginan untuk menambah rumah bagi mualaf. Hal itu didukung pula semakin bertambahnya mualaf yang dibina dan tinggal di desa yang jauh dari kampung tersebut. Akan tetapi pembangunan itu terkendala minimnya lahan di kawasan tersebut.

Bupati Balangan Ansharuddin mengatakan, apabila memungkinkan akan dibangun dua unit lagi rumah mualaf di kampung tersebut. Tentunya hal itu didukung dari dana CSR dari Bank Kalsel yang sebelumnya juga digunakan pada pembangunan permukiman Kampung Mualaf.

“Apabila tanah yang harus dibeli harganya sesuai, maka pembangunan pun kembali bisa dilakukan. Selain itu, jika memungkinkan pula akan ditambahkan pada bantuan rehabilitasi rumah layak huni yang saat ini menjadi program aktif di Dinas Sosial Balangan dan Kementerian,” ungkapnya.

Menurut Bupati, keberadaan Kampung Mualaf diharapkannya pula bisa membantu kegiatan ibadah di sana. Selain itu, meningkatkan keimanan dan pembinaan terhadap mualaf yang ikut belajar di kawasan tersebut.

“Adapun sementara ini, bantuan dikucurkan pada musholla yang ada di Kampung Mualaf tersebut. Peruntukannya pada penambahan pagar dan kekurangan bangunan lainnya,” pungkasnya.(rilis/elh)

Editor: Sandi Firly

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial