Connect with us

Kalimantan

Ratusan Personel Polres HSU Disebar untuk Pengamanan Salat Idul Adha

AMUNTAI, RK – Dalam memelihara keamanan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), sesuai program Kapolda Kalsel Irjen Pol Dr Nico Afinta, Polres HSU dan Polsek jajaran adakan pengamanan salat Idul Adha 1441, di beberapa lokasi di daerah hukum Polres HSU, Jumat (31/7).

Pelaksanaan pengamanan diutamakan di masjid-masjid di pinggir jalan yang berpotensi rawan kemacetan. Personel Polres HSU dan Polsek jajaran disebar di beberapa lokasi yang sudah ditentukan diantaranya di bundaran kota, depan Masjid Raya, Masjid Jami Sungai Malang, Masjid Karias, Pelampitan, Paliwara, Kota Raja, Kota Raden serta masjid-masjid jami di tiap kecamatan.

Pengamanan dipimpin langsung oleh para Kapolsek dengan mengutamakan memberikan bantuan pengaturan arus lalulintas dan penempatan parkir kendaraan para jamaah salat Idul Adha 1441 H.

“Untuk pengamanan tertutup memantau lokasi tiap masjid, lokasi parkir,  dan monitoring situasi agar pelaksanaan salat Idul Adha berjalan lancar, tertib dan aman,” tutur  Kabag Ops Polres HSU Kompol Joko Sutopo.

Tentunya dalam adaptasi kebiasaan baru saat pandemi Covid-19 ini, pihaknya terlebih dahulu koordinasi dengan pengurus masjid untuk mengatur shaf agar jarak saat salat Idul Adha sesuai prosedur kesehatan.

“Masjid harus menyediakan alat cuci tangan lengkap dengan air serta sabun. Selain itu kami juga memantau dan mengingatkan jamaah mana kala ada yang tidak pakai masker, dan disarankan bawa sajadah masing-masing,” tambahnya.

Dijelaskan Joko Sotopo, saat pemantauan semua jamaah mengenakan masker dan tidak ingin berlama lama di masjid karena ada yang langsung mau memotong hewan qurban.

“Jamaah tidak ingin berlama-lama di masjid mengingat Idul Adha tahun ini bertepatan hari Jumat, yang nantinya akan melaksanakan kegiatan keagamaan berupa salat Jumat,” tutur Kompol Joko Sutopo.(Syaid Ali)

Editor: Agus Salim

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial