Connect with us

Kabupaten HST

Abdul Rahman: Penggunaan Anggaran Harus Mengacu Skala Prioritas

BARABAI, RK – Anggota DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Abdul Rahman AZ meminta penanganan yang lebih intensif untuk menekan sebaran Covid-19 di Kabupaten HST. Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat bertanggungjawab atas penggunaan anggaran, agar memanfaatkan dana dengan skala prioritas, efektif dan efisien untuk pelayanan masyarakat, menggerakkan perekonomian masyarakat serta upaya pengamanan sosial sebagai akibat dari dampak Covid-19 ini.

“Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada aspek kesehatan tapi juga memukul perekonomian kita. Karena itu, penggunaan anggaran harus mengedepankan skala prioritas dan bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar Abdul Rahman saat pada Rapat Paripurna DPRD HST terkait Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019 di Gedung Dewan setempat, belum lama tadi.

Dia juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Hulu Sungai Tengah yang telah menunaikan tugas konstitusionalnya selama tahun 2019 berupa penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD HST berupa Laporan Keuangan yang telah diperiksa oleh BPK-RI dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Ini merupakan hal yang sangat penting, karena anggaran daerah merupakan anggaran publik yang mencerminkan kebijakan daerah, sehingga wajib dipertanggungjawabkan kepada publik secara transparan dan akuntabel,” ujarnya lagi.

Politisi Partai Golkar ini menambahkan, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah seyogianya dapat meningkatkan PAD melalui sektor pariwisata, pertanian, perdagangan dan sektor-sektor lain yang masih memungkinkan ditingkatkan pendapatannya. Selain itu mengefektifkan, mengefisienkan pembelanjaan pemerintah daerah, baik belanja tidak langsung maupun belanja langsung.

Serta dapat mengalokasikan anggaran untuk hal-hal yang merupakan kebutuhan masyarakat dan mengurangi anggaran yang bersifat seremonial agar manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kami berharap ke depan kualitas manajemen pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah bisa ditingkatan. Namun harus diiringi dengan kualitas pelaksanaannya, sehingga dari seluruh program dilaksanakan dampak maupun manfaatnya sebagaimana diharapkan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” tandasnya.

Juru bicara Pansus III ini juga memberikan masukan agar Pemkab HST meningkatkan pengawasan terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Ia juga menyarankan agar pembangunan jalan yang menjadi akses menuju objek wisata dan Dinas Perkim agar mengusulkan penambahan kouta untuk bedah rumah.

Pihaknya juga berharap agar Diskominfo HST lebih aktif lagi menjalin hubungan baik dengan insan media, baik itu media online, cetak maupun visual.

Sekadar diketahui, DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) telah mengesahkan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019 pada Rapat Paripurna DPRD HST.

Sebelum pengesahan, Pimpinan Sidang yang diketuai oleh H Rachmadi bersama wakil ketua, H Saban Effendi dan Taufik Rahman mendengarkan penyampaian laporan masing-masing Pansus.

Juru bicara Pansus I diwakili oleh Salhah, Pansus II dibacakan oleh Tosim dan Pansus III diwakili oleh Abdul Rahman AZ yang semuanya sepakat menerima pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2019 tersebut dan diamini oleh seluruh anggota DPRD HST lainnya. Setelah disepakati oleh seluruh anggota DPRD HST, Sekretaris DPRD Subhanimembacakan hasil Raperda tersebut dan ditandatangi oleh Bupati HST, HA Chairansyah dan unsur pimpinan DPRD HST dan disaksikan Bupati HST Anggota DPRD dan Unsur Forkopimda dan Sekda, Asisten Staf Ahli, Kepala SOPD dan unsur lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati HST, HA Chairansyah berharap Raperda ini dengan waktu tidak lama mendapatkan evaluasi dari Gubernur dan secepatnya menjadi Perda.

“Berkenaan dengan masukan-masukan dari Pansus tersebut akan menjadi perhatian kami dan perbaikan di tahun berikutnya,” kata Chairansyah.(Ary)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial