Connect with us

Pemko Banjarmasin

Menjabat Plt Walikota, Hermansyah Telisik Penggunaan Dana Covid-19

BANJARMASIN, RK – Menjabat sebagai Plt Walikota Banjarmasin, Hermansyah langsung bekerja cepat. Target pertama yang akan dilakukan politisi PDI Perjuangan ini adalah mengevaluasi kinerja Gugus Tugas COVID-19 Banjarmasin.

Sebagai orang nomor dua di Pemkot Banjarmasin, Hermansyah mengaku tidak pernah menerima laporan, termasuk rincian laporan penggunaan anggaran Covid -19.

“Saya akan evaluasi penggunaan dana Covid yang sumbernya ada dari APBN, APBD Kalsel, APBD Banjarmasin, CSR, dan lainnya. Ini harus jelas penggunaannya,” ucap Hermansyah, Senin (28/9/2020).

Sebagai contoh, Herman mendapat laporan penggunaan Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) yang dipinjam dari Pemprov Kalsel sebagai fasilitas karantina terancam diputus, lantaran ada tagihan listrik yang belum dibayar.

“Masih ada masalah lain seperti insentif petugas lapangan yang tersendat. Saya sudah koordinasikan bagian keuangan agar semuanya jelas,” tegasnya.

Anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin Hari Kartono mengatakan, apa yang dilakukan Hermansyah sebagai Plt Walikota menggantikan Ibnu Sina yang sedang cuti, sah-sah saja, mengingat untuk kepentingan masyarakat banyak.

Politisi Partai Gerindra Banjarmasin itu mengaku, DPRD Banjarmasin telah mengalokasikan puluhan miliar untuk penanganan Covid-19. Oleh karena itu, lanjutnya, Pemkot Banjarmasin wajib mengelola dana yang bersumber dari uang rakyat itu dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

“Saya sangat mendukung langkah Hermansyah yang ingin memperjelas penggunaan dana Covid-19. Ini kan uang masyarakat, harus dipergunakan dan dipertanggung jawabkan kepada masyarakat,” terangnya.

Sekadar diketahui, data Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Banjarmasin per Juli 2020 lalu. Anggaran yang disiapkan untuk percepatan penanganan Covid-19 sebesar Rp 97 miliar. Sedangkan yang telah terserap sekitar Rp 59 Miliar. (hdr)

Editor: Sandi Firly

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial