Connect with us

Hukum

Kejari Tapin Tahan 2 Tersangka Kasus Korupsi

RANTAU, RK – Kejaksaan Negeri Tapin dalam beberapa pekan terakhir menahan dua tersangka dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor). Keduanya diduga telah menyelewengkan dana hingga menyebabkan kerugian negara mencapai ratusan juta.

Sajimin SH, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Tapin menuturkan pada Senin 28 September pihak Kejaksaan Negeri Tapin telah menerima pelimpahan tersangka terduga kasus korupsi dari Polres Tapin.

Pertama pria berusia 33 tahun berinisial IY, menjabat Kepala Desa Waringin Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin, diduga melakukan penyelewengan dana APBD Desa periode 2017-2018 senilai Rp200 juta lebih.

“Dalam proses penyidikan pihaknya, tersangka IY bersedia mengembalikan dana APBD desa sekitar Rp134 juta. Dan sekarang kasus sudah di tahap kedua, itu masih tersisa Rp93 juta,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (29/9).

Tersangka kedua adalah wanita berusia 42 tahun berinisial MAR, adalah anggota Kelompok Mawar di wilayah Candi Laras Utara yang bertugas memungut setoran-setoran PNPM, namun dana hasil setorannya digunakan untuk memperkaya diri demi kepentingan pribadi.

“Kerugian negara karena aksinya mencapai Rp200 juta lebih, dan dalam waktu dekat ini kasusnya akan kita siapkan segala administrasi untuk dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tipikor,” katanya.

Keduanya terjerat atas sangkaan melanggar Pasal 2 dan Pasal 3 Undang-Undang Tipikor.

“Ancaman hukuman sesuai peraturan pasal 2, minimal 4 tahun-maksimal 20 tahun dan denda paling sedikit Rp200 juta dan maksimal Rp 1 miliar. Terus untuk pasal 3, minimal 1 tahun-maksimal 20 tahun,” katanya lagi.

Sebelumnya kedua terduga ini tidak dilakukan penahanan. Karena kasus sudah masuk tahap kedua, pihak kejaksaan melakukan penahanan dengan menitipkan tersangka berinisial IY di tahanan Polres Tapin dan tersangka berinisial MAR karena wanita dititipkan ditahanan Polsek Tapin Utara.(Nasrullah)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial