Connect with us

Kalimantan

Polres HSU Gelar Operasi Zebra Intan 2020

AMUNTAI, RK- Polres Hulu Sungai Utara (HSU) gelar pasukan Operasi Zebra Intan 2020 pada 26 Oktober hingga 8 November 2020.

Wakapolres HSU Kompol Irwan mengatakan, Operasi Zebra Intan menekankan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Protokol kesehatan yang wajib diterapkan pemakai kendaraan adalah penggunaan masker dan menjaga jarak, baik pengguna kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

“Selama pandemi Covid-19 kita tetap laksanakan protokol kesehatan, apa lagi saat Operasi Zebra Intan ini. Jangan malah kita yang melanggar,” tegas Kompol Irwan.

Kapolres HSU AKBP Afri Darmawan melalui Kasat Lantas Polres HSU Iptu Jumadiono mengatakan, Operasi Zebra Intan juga menekankan bimbingan dan penyuluhan, termasuk bakti sosial kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Meski lebih banyak kegiatan preemtif, lanjutnya, bukan berarti pelanggaran lalu lintas tidak ditindak. Polisi tetap menindak pelanggar, terutama yang membahayakan pengendara lain.

“Seperti melawan arus lalu lintas, melanggar rambu-rambu, kendaraan tak sesuai standar kelengkapan, serta pelanggaran lain yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” tegasnya.

Diungkakannya, termasuk pelanggaran yang berpotensi menyebabkan kecelakaan adalah menggunakan handphone sambil berkendara dan melebihi batas kecepatan. Kemudian, tidak menggunakan helm SNI, sepeda motor tidak menyalakan lampu utama, hingga tak memasang sabuk pengaman.

“Untuk pelanggar protokol kesehatan, terutama tidak mengenakan masker, sanksi yang diberikan mulai teguran tertulis, memutar arah atau membeli masker, pemberikan sanksi pembinaan fisik secara terukur melihat sikon di lapangan termasuk membersihkan fasilitas umum, dan denda.(Sayid Ali)

Editor : Andi

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial