Connect with us

Pulang Pisau

Dukung Usaha Perkebunan, Penataan Handel Jadi Solusi

Kepala Desa Gohong Yanto L Adam, Selasa ( 3/11/20) mengaku jika usulan perehapan handel diwilayahnya dilakukan untuk menata kebun karet milik warga sehingga mampu mengatasi karhutla.

PULANG PISAU, RK- Dalam mendukung usaha masyarakat yang bergerak dibidang perkebunan diwilayah Gohong, kepala Desa setempat yakni Yanto L Adam, Selasa ( 3/11/20) mengaku pihaknya telah mengajukan usulan untuk pembenahan handel yang ada di beberapa titik. Fungsinya, yakni untuk mendukung system pengairan kebun karet yang dimiliki masyarakat.

“Dalam Musrembangdes, kita mengusulkan penataan rehab Handel, usulan tersebut lantaran mayoritas usaha masyarakat di desa ini adalah petani karet yang letak usaha kebunnya berada di sepanjang sungai / handel. Sebelumnya beberapa handel sudah mulai dibenahi oleh dinas terkait, sisanya yang belum akan kembali kita usulkan,” jelas Kades Yanto.

Dilanjutkan dirinya, sungai yang di usulkan untuk direhab agar alirannya lancar dan bersih sehingga dapat memudahkan ratusan petani karet di desa gohong untuk memakai akses tersebut dalam  menunjang usaha. Selama ini dikatakan yakni penyebab dangkalnya aliran handel berakibat kesulitan air bersih saat musim kemarau, dan dampaknya kebun warga rentan terbakar.

“Kalau handel dikeruk maka akses melewati sungai akan lancar, kebutuhan air saat musim kemarau juga bisa tercukupi. Kita sangat belajar dari pengalaman sebelumnya, ketika karhutla mengancam kendala kami di stok air yang minim, handel saat itu kering. Kalau posisinya dikeruk kan jadi dalam tentu tidak sulit mendapatkan air,” tukasnya. ( ds)

Editor : Arif Syarkawie

 63 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *