Connect with us

Pulang Pisau

Kahayan Kuala Potensi Perikanan Laut

Plt Camat Kahayan Kuala, Bakhzar Efendy, Rabu ( 11/11/20) mengakui jika potensi perikanan laut diwilayahnya sangat melimpah dan perlu strategi pemasaran.

PULANG PISAU, RK – Berada di daerah pesisir, menjadikan desa-desa yang ada di kecamatan Kahayan Kuala memiliki potensi perikanan laut yang melimpah. Menurut Plt Camat Kahayan Kuala, Bakhzar Efendy pada Rabu ( 11/11/20) tadi potensi perikanan bukan saja berasal dari sektor hasil tangkap nelayan saja, namun juga tambak milik masyarakat dipesisir.

“Potensi perikanan kita sangat luar biasa, mulai dari perikanan tangkap nelayan sampai tambak-tambak milik warga yang berada dipesisir. Bahkan jenis ikan bervariasi seperti berganti-ganti musim. Tidak heran karena keberadaan lokasi perikanan tersebut berada di pesisir berbatasan langsung denga laut jawa,” jelas Bakhzar.

Meski begitu, kendala yang dihadapi para nelayan dan petambak saat ini adalah pemasaran. Lokasi perikanan yang berada dipesisir agak sulit dijangkau melewati darat, sehingga tranportasi melalui sungai menjadi jalan yang sering dipilih. Akibatnya pembiayaan jadi membengkak sehingga nelayan lebih suka menjual hasil tangkapnya ke pengepul yang berasal dari Banjarmasin.

“ Mereka bertransaksi kadang ditengah laut, jadi sesaat habis panen langsung dijual. Selain harganya masih tingggi karena kondisi ikan segar, biaya juga tidak terlalu membengkak. Kita sudah usulkan ke dinas terkait agar sama-sama mencarikan solusi untuk hasil pemasaran ini secara bersama, sekarang alhamdulilah secara bertahap pemkab mulai membangun dan memperbaiki infrastuktur yang menuju lokasi potensi tambak,” tukasnya. ( ds)

Editor : Arif Syarkawie

 78 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *