Connect with us

Ekonomi

IWAPI Kalsel Siap Bantu Perempuan UMKM di Masa Pandemi

BANJARBARU, RK- Di masa pandemi Covid-19 ini, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (DPD IWAPI) Provinsi Kalsel terus berupaya agar pelaku usaha terutama anggota IWAPI Kalsel bisa bertahan dan tetap menjalankan bisnisnya di tengah kelesuan ekonomi.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD IWAPI Kalsel Hj Shinta Laksmi Dewi pada pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke IV yang digelar secara offline dan online karena situasi pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, Rakerda ke VI DPD IWAPI diikuti 10 DPC se Kalsel yang sebagian digelar dengan zoom meeting.

Dijelaskan Dewi, pandemi Covid-19 telah menyebabkan ribuan orang di Banua terimbas PHK, terhentinya rumah-rumah produksi, berkurangnya uang beredar yang berujung menurunkan daya beli masyarakat. Bagi para UMKM khususnya dari sektor mikro, kondisi ini membuat luluh lantak, sebagian besar bahkan sudah sulit untuk memulai produksi karena tidak tersedia modal yang cukup.

Di sisi lain yang masih bisa produktif menghadapi kesulitan dalam penjualan karena berkurangnya daya beli masyarakat secara drastis ditambah pembatasan-pembatasan pandemi yang membuat mobilitas masyarakat terhenti dan menurunkan tingkat produktivitas.

“Melalui RAKERDA IV DPD IWAPI Provinsi Kalsel ini, IWAPI bertekad akan meningkatkan perannya dalam memperkuat pelaku Usaha Perempuan. Peran ini direfleksikan dalam program-program kerja yang bertujuan meningkatkan skill, inovasi, mendorong produktivitas yang berkualitas, kreatif, efisiensi, dan berdaya saing, tapi tetap berpedoman pada protokol kesehatan,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPP IWAPI Ir Dyah Anita Prihapsari, pada sambutannya ia berharap IWAPI bisa terus mensupport pelaku UMKM perempuan untuk bisa tetap eksis dalam kondisi sekarang ini.

“Kami di IWAPI melakukan 3 hal yaitu peningkatan SDM, membantu memperluas jaringan dan membantu mempermudah pelaku UMKM perempuan di sektor permodalan,” tegasnya.

Sementara itu, Pjs Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan berharap peran IWAPI bisa terus ditingkatkan dalam membantu pemerintah menggerakkan ekonomi, terutama saat pandemi seperti sekaramg ini.

“Selamat menjalankan Rakerda dan semoga IWAPI semakin memberikan kontribusinya dalam peningkatan ekonomi daerah,” pungkasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial