Connect with us

Organisasi

BSMI Bersama Lembaga Lain Berikan Layanan Kesehatan Bagi Korban Banjir Di HST

BANJARMASIN, RK- Musibah banjir besar di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menjadi perhatian banyak pihak, tidak terkecuali organisasi Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kota Banjarmasin.

Untuk bisa membantu korban banjir tersebut, BSMI Kota Banjarmasin menurunkan tenaga kesehatannya berjumlah 19 orang, yang terdiri dari Tim Nurse dan Tim Farmasi untuk membantu warga yang menjadi korban banjir di Kabupaten HST melakukan pengecekan kesehatan mereka.

Kegiatan ini sendiri didukung penuh oleh beberapa lembaga lainnya, seperti Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Yayasan Qur’ani Qaryah Thayyibah, Pesantren Tahfidz Graha Lestari, HNI, Pusat Tanggap Bencana Universitas Negeri Gorontalo, LAZ Zakat Sukses Kota Depok hingga Yakesma Jateng dan Kalteng.

“Setelah berkordinasi dengan Posko Induk Tanggap Bencana yang berada di Stadion Murakata Kecamatan Mandingin, Tim Kesehatan BSMI Kota Banjarmasin diarahkan untuk melakukan layanan kesehatan di Desa, yaitu Desa Bulayak dan Desa Wake. Kami pun langsung menuju kesana untuk memberikan layanan kesehatan kepada para korban banjir,” ucap perwakilan organisasi pelaku pariwisata Kalsel Aisyah yang ikut dalam kegiatan.

Untuk memudahkan koordinasi karena tim kesehatan dibagi menjadi dua, maka dibentuklah posko utama Tim Kesehatan di Baruh Bunga, Desa Haliau kecamatan Baru Benawa.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, tercatat untuk di Desa Bulayak kita bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada 100 warga. Lalu untuk di Desa Wake ada kurang lebih 80 warga yang kita berikan layanan serupa,” tambahnya.

Selain pelayanan kesehatan, pihaknya pun juga memberikan bantuan 1.000 buah Al Qur’an, buku Yasin, Iqro, alat sholat dan sembako.

“Kita juga melakukan kegiatan trauma healiing kepada anak-anak. Semoga apa yang kami lakukan ini bisa sedikit membantu meringankan beban para korban banjir yang ada di Kabupaten HST,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

 776 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *