Connect with us

Banjarmasin

Pemkot Kesulitan Tambah Lahan TPU

BANJARMASIN, RK – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin kesulitan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang diperuntukkan sebagai area pemakaman umum di Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Mukhyar saat Rapat Kerja bersama Komisi III DPRD Banjarmasin mengatakan, ada dua area pemakaman umum yang dikelola Pemkot Banjarmasin, yakni Kuburan Muslimin yang berlokasi di Sungai Jingah Banjarmasin dan Pekuburan Umum yang berada di Km 22 Banjarbaru.

“Untuk area pemakaman di Sei Jingah sudah full, tidak bisa ada penambahan lagi. Kami fokus melakukan pembenahan pemakaman di Km 22 Banjarbaru,” ucap Mukhyar kepada riliskalimantan.com di Banjarmasin, Senin (13/1/2020).

Untuk penambahan area pemakaman di Banjarmasin, lanjutnya, hingga saat ini Pemkot Banjarmasin sejak 2013 belum menemukan lahan yang ideal untuk dijadikan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

“Di Banjarmasin sudah sulit mencari lahan untuk dijadikan TPU. Ada satu atau dua titik, cuma masih tidak terlalu luas. Minimal kita butuh 2 hektare,” terangnya.

Pihaknya juga pernah membidik lahan di kawasan Lingkar Selatan. Hanya saja, lanjut Mukhyar, kontur tanah rawa sangat tidak cocok dijadikan TPU, meskipun lahan cukup luas tersedia.

“Sementara kita benahi yang di Km 22 dulu. Saat ini sudah dilakukan pemasangan pagar. Rencananya kami mau menambah luasan lahan, mengingat  nantinya lahan yang digunakan pasti semakin bertambah,” tutupnya. (HDR)

Editor: Sandi Firly

 147 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *