Connect with us

Banjarmasin

Gali PAD Sektor Wisata, DPRD Banjarmasin Belajar ke Bogor

BANJARMASIN, RK – Guna meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus pendapatan daerah dari sektor pariwisata, Komisi II DPRD Banjarmasin belajar ke DPRD Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2/2020).

Rombongan wakil rakyat Banjarmasin dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya ke daerah berjuluk The City Of Tourism.

Di sana Komisi II mendapatkan strategi dalam meningkatkan kunjungan pariwisata yang tertuang dalam Peraturan daerah (Perda) khusus Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengurus wisata. Mengingat PAD Kabupaten Bogor dari sektor pariwisata cukup besar mencapai Rp 350 Miliar dengan jumlah kunjungan mencapai lebih tujuh juta orang tiap tahunnya.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Banjarmasin M Faisal Hariyadi, Kabupaten Bogor sukses menjadikan wisata sebagai primadona daerahnya yang berdampak pada besarnya pemasukan PAD yang didapat.

“Selain fokus pemerintahnya mengurusi secara profesional dan permodalan besar, faktor keberhasilan berkembangnya pariwisata di sini (Bogor -red) juga karena pengelolaan langsung melalui BUMD,” terang Faisal.

Hal ini lanjut Faisal, harus ditiru Kota Banjarmasin yang sedang gencar menggaungkan wisata susur sungai namun belum berimbas pada pendapatan kota.

Meski pemerintah kota gencar menghidupkan wisata sungai, mulai pasar terapung hingga yang terbaru di Sungai Biuku, namun tata kelola masih dirasa belum maksimal hingga membuat destinasi kurang dilirik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

“Zonasi wisata harus kita dukung, anggaran khusus untuk perbaikan sarana dan prasarana sebagai penunjang kenyamanan akses juga mesti kita perhatikan,” tandas Politisi PAN ini. (HDR)

Editor: Sandi Firly

 312 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *