Connect with us

Banjarmasin

Banjarmasin Kembalikan Fungsi Trotoar, Sediakan Fasilitas Difabel

BANJARMASIN, RK – Penyediaan trotoar bagi pejalan kaki memang menjadi tugas pemerintah sebagaimana amanat Undang 22 Tahun 2009.

Sudah semestinya trotoar dipergunakan dan menjadi hak pejalan kaki, terlebih kaum difabel yang juga memiliki hak yang sama dan menjadi prioritas bagi pemerintah.

Pemkot Banjarmasin secara bertahap terus melakukan pembenahan trotoar dan mengembalikan fungsinya untuk pejalan kaki, bukan kendaraan bermotor ataupun untuk kegiatan pedagang kaki lima (PKL).

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina saat meresmikan trotoar di Jalan Ahmad Yani memastikan, Pemkot Banjarmasin berupaya mengembalikan fungsi trotoar yang ada di ibu kota Kalsel ini secara bertahap.

“Saat ini kami sudah benahi trotoar di sepanjang Jalan A Yani. Selain untuk pejalan kaki, juga kita sediakan fasilitas untuk kaum difabel,” ucap Ibnu Sina di Banjarmasin, Rabu (5/2/2020).

Diakui Ibnu Sina, masih banyak trotoar di Banjarmasin yang akan dilakukan pembenahan sebagai upaya mengembalikan fungsi utamanya sebagai sarana pejalan kaki.

“Tahun ini, Balai Jalan Nasional akan membangunkan trotoar yang ramah difabel di sepanjang Jalan H Hasan Baseri atau Kayutangi. Sehingga dari Selatan Banjarmasin ke ujung Utara, sarana pendestrian dan trotoar ramah difabel bisa dipergunakan secara maksimal oleh masyarakat,” bebernya.

Lebih jauh Ibnu Sina mengatakan, selain penambahan sarana ramah difabel, trotoar sepanjang Jalan A Yani juga dilengkapi dengan lampu taman yang cantik, sarana tempat duduk, bak sampah, sehingga menambah keindahan dan kebersihan kota Banjarmasin.

“Ini sudah mulai bagus, mari sama – sama kita jaga dan pelihara. Trotoar sudah cantik apalagi pada malam hari. Ke depan semua kawasan akan dibangun seperti ini,” tutupnya.(HDR)

Editor: Sandi Firly

 342 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *