Connect with us

Banjarmasin

Kampung Biru Awali Banjarmasin Village Festival, Destinasi Wisata Unik yang Bisa Diakses Lewat Sungai

BANJARMASIN, RK –  Sejumlah kawasan dijadikan destinasi wisata yang menarik di Banjarmasin. Kampung Biru, dipilih menjadi lokasi pertama Banjarmasin Village Festival (Festival Kampung Banjar) oleh Pemkot Banjarmasin, dalam rangkaian promosi wisata Seribu Sungai, Jumat (7/2/2020).

Selain Kampung Biru, sejumlah kawasan lain ditetapkan menjadi destinasi wisata ibu kota Kalsel seperti Kampung Hijau, Kampung Arab, Sungai Jingah, dan Kampung Biyuku.

Pemerintah Kota Banjarmasin menggelar Festival Kampung Banjar di 5 tempat diantaranya Kampung Biru, Kampung Hijau, Kampung Arab dan Kampung Biyuku pada tanggal 7 – 9 Februari 2020.

Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina mengatakan, hari ini pihaknya secara resmi membuka Banjarmasin Village Festival di Kampung Biru.

Menurutnya, kelima kampung yang bakal digelar kegiatan tersebut memiliki daya tarik tersendiri, sengaja diperkenalkan secara terbuka sekaligus memanfaatkan moment Hari Pers Nasional (HPN) di Kalsel.

“Masing-masing tempat ini punya keunikan, mereka bisa diakses lewat sungai dan bisa juga lewat darat,” ujarnya usai membuka festival tersebut.

H Ibnu Sina membeberkan lima kampung tersebut juga sudah dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan dibantu oleh patriot pariwisata binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Banjarmasin.

“Hari ini kita mulai di Kampung Biru, nanti sore ke kampung Arab, kemudian besok nanti ke Kampung Hijau, baru sehabis itu ke Kampung Biuku,” tutur H Ibnu Sina.

H Ibnu Sina berkeinginan membuat kelima kampung tersebut menjadi bungas dan bagus agar layak untuk dikunjungi para wisatawan.

“Termasuk juga kampung alamiah di sungai Biyuku. Nah, kami memberdayakan masyarakat sekitar agar seluruh potensi yang dimiliki masing-masing kelurahan, kecamatan ini bisa terangkat,” katanya.

Dijelaskannya pada tahap pertama, pihaknya sudah membuat lima titik destinasi, dan  tahap kedua akan membuka 5 wisata baru lagi, sehingga total 10 destinasi pariwisata unggulan kedepan. “Ini dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) yang sudah dibina oleh Pemerintah Kota Banjarmasin,” tandasnya.

H Ibnu Sina memaparkan dengan demikian ketika wisatawan datang ke Banjarmasin maka banyak alternatif pilihan sungai, sekalian mengangkat potensi sasirangan, kuliner dan sebagainya. Sehingga inilah wujud dari pembangunan pariwisata Kota Banjarmasin.

Dia berharap dari destinasi berbasis sungai ini dapat berpotensi mendongkrak ekonomi warga kota Banjarmasin. “Saya kira tidak ditemui di tempat lain karena memang potensi sungai kita yang sangat bagus sekali,” tutupnya.(HDR/ADV)

Editor: Agus Salim

Di Posting 07/02/2020 9:43 AM by Agus Salim

 975 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *