Connect with us

Politik

Muhammad Nuh: Media Harus Independen dan Objektif Menyajikan Berita Pilkada

BANJARMASIN, RK – Keberpihakan media pada kandidat tertentu dalam proses pemungutan suara, salah satu yang dikhawatirkan masyarakat. Media harus menempati posisi yang tepat, independen dan objektif.

Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan kembali digelar pada September mendatang. Kalimantan Selatan sendiri akan menggelar pemilihan gubernur dan tujuh pemilihan bupati dan walikota.

“Menghadapi suasana pilkada kita sebenarnya ingin ide-ide para kandidat keluar semua. Nah, yang bisa mengalirkan adalah kawan-kawan media,” kata Muhammad Nuh, pada Seminar Nasional dengan tajuk Media Berkualitas untuk Pilkada Damai, di Hotel Golden Tulip, Jum’at (7/2/2020).

Dia juga mengingatkan kepada media untuk menjadi pendingin di tengah suasana demokrasi yang tak jarang panas. “Dewan Pers berpesan kepada media berada di tengah-tengah, dan tidak boleh menempel di salah satu kandidat dan menolak kandidat lain,” ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dia berandai, suatu media memutuskan untuk menempel kepada salah satu kandidat akan kehilangan esensi media itu sendiri. Menurut Akademisi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini, tak jarang media justru menjadi corong politik bagi salah satu kandidat yang bertarung di pilkada, tujuannya untuk mendongkrak elektabilitas.

“Risikonya tinggi. Kalau melebihi batas kewajaran itu, yang tidak kita inginkan justru malah mengorbankan persaudaraan,” ujar Muhammad Nuh.

Dia memastikan Dewan Pers tidak segan-segan akan memberikan peringatan keras kepada media jika melenceng dari kode etik jurnalistik.

“Pegang teguh prinsip-prinsip media yang berbasis fakta dan data. Kalau itu dijadikan pegangan dalam menyajikan berita di ranah publik, sepanjang memegang prinsip objektifitas dan independen, Insya Allah aman,” pungkasnya.(SGA-NAF)

Editor: Agus Salim

Di Posting 07/02/2020 10:07 AM by Agus Salim

 540 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *