Connect with us

Hulu Sungai Tengah

Musrenbang Kecamatan, Berry Mengingatkan Usulan Kegiatan Harus Realistis

BARABAI, RK – Pemerintah Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), menggelar Musyawarah Perencanaan Pembagunan (Musrenbang) Kecamatan tahun 2020, dalam rangka penyusunan rencana kerja pembagunan daerah (RKPD) tahun 2021, Kamis, 6/2/2020).

Kegiatan dilaksanakan di Balai Rakyat, Kecamatan Batu Benawa, diikuti seluruh Pembakal, BPD, LPM se-Kecamatan Batu Benawa, perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Kabupaten HST. Acara dihadiri dan dibuka Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan.

Camat Batu Benawa menyampaikan, musrenbang ini bertujuan membahas dan menyepakati hasil musrenbang desa yang dijadikan program prioritas kecamatan. Kemudian, membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas pembangunan di desa. Selain itu, musrenbang menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

“Perlu kami sampaikan di Kecamatan Batu Benawa dalam indek desa membangun terdiri dari 1 (satu) desa maju, 11 (sebelas) desa berkembang dan 2 (dua) desa tertinggal. Dengan kegiatan ini nantinya bisa mengubah status indek desa yang tadinya desa maju menjadi desa mandiri, yang tadinya desa berkembang menjadi desa maju dan yang tadinya desa tertinggal mejadi desa berkembang,” terang dia.

Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan dalam sambutannya menyampaikan, Kecamatan Batu Benawa merupakan kecamatan yang ke-7 melaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan. “Musrenbang kecamatan ini memiliki arti penting karena mengakomodir musrenbang desa,” katanya.

Lebih lanjut, hasil Musrenbang di kecamatan tahun 2020 akan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan renja perangkat daerah dan merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan dari bawah.

“Karena perencanaan yang baik merupakan awal yang baik untuk sebuah proses pembangunan, dan nantinya akan ditutup musrenbang di tingkat kabupaten,” terangnya.

Melalui musrenbang di Kecamatan Batu Benawa ini kepada seluruh peserta, Berry berharap agar dapat dilaksanakan dengan tertib, lancar, penuh kesungguhan, sehingga menghasilkan usulan program yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat .

“Musrenbang ini awal dari kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan. Sehingga diminta kepada seluruh desa dan juga masyarakat untuk sinergi dalam mewujudkan pembangunan yang baik, dengan memperioritaskan kebutuhan masyarakat,” tutup Berry.

Turut hadir dalam musrenbang ini Muspika Batu Benawa, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para undangan lainnya.(ARY)

Editor: Agus Salim

Di Posting 07/02/2020 6:03 AM by Agus Salim

 549 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *