Connect with us

Kalteng

Banjir Tidak Kunjung Surut, Kades Gandang Barat Akan Surati Bupati

BANJIR – Warga Desa Gandang Barat Kecamatan Maliku Yang Terdampak Banjir Saat di Evakuasi Anggota BPBD Pulpis. ( Foto/IST)

 

PULANG PISAU, RK- Bencana Banjir yang terjadi di Desa Gandang Barat Kecamatan Maliku- Pulang Pisau rupanya bukan persoalan kecil. Pasalnya dari pendataan Desa, dampak banjir tersebut sedikitnya merendam 350 Kepala Keluarga, 355 hektar kebun masyarakat, 85 hektar sawah, serta harus membuat puluhan ekor ternak sapi warga harus di ungsikan.

“Ketinggaan air saat ini masih dikisaran 60 cm dan sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Dampaknya jelas merugikan masyarakat kami, karena rumah, sawah terendam. Belum lagi ternak harus di ungsikan dan aktivitas masyarakat sangat terganggu,” Ujar Haryono Kades Desa Gandang Barat.

Meski bantuan sudah diberikan oleh Pemerintah melalui BPBD, namun di katakan Kades Haryono upaya tersebut masih belum signifikan. Menurutnya yang paling diharapkan warganya saat ini adalah bagaimana membuat air bisa surut.

“Harapan kami adalah bantuan untuk membuat pendalaman primer yang menjadi tersumbatnya jalur pembuangan air. Kami akan bersurat pada Bapak Bupati Pulpis agar mempertimbangkan hal ini melalui dinas terkait,” tutur Kades. ( ds )

 

Editor : Arif Syarkawie

 

 153 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *