Connect with us

Kalteng

Dinkes Pulpis Waspadai Penularan TBC

Dokter Pande Putu Gina, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Pulpis ( foto / IST)

PULANG PISAU,RK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulang Pisau terus berupaya mencegah penularan penyakit Tuberculosis atau TBC. Salah satu upaya yang di lakukan yakni pengawasan intensif bersama tim dari Dinas Kesehatan, Puskemas serta Pustu yang ada di tingkat desa. Hal tersebut disampaikan Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Pulpis, dr. Pande Putu Gina pada media ini.

“Tahun 2019 lalu data penderita TBC di Pulang Pisau sekitar 101 orang penderita yang tersebar di beberapa daerah. Dari jumlah tersebut tingkat kesembuhan yang sudah tertangani yakni 88 persen dengan lama perawatan sekitar 6 bulan. Kita bersyukur penanganan yang cepat mampu menekan penderita TBC,” ujar dokter Pande.

Dikatakan dokter Pande, penyakit TBC sering menyerang bagian paru-paru, tetapi bisa juga menyerang organ tubuh lain seperti selaput otak, usus, tulang, kelenjar getah bening di leher dan ketiak.

“Orang yang sedang sakit TBC akan berpotensi menularkan kepada orang lain. Sumbernya melalui percikan dahak atau bersentuhan langsung yang terjadi berulang- ulang. Kita menghimbau untuk penderita dengan ciri-ciri TBC jangan minder, segera periksakan ke layanan kesehatan terdekat, kita akan bantu tangani,” tukasnya. ( ds )

Editor : Arif Syarkawie

 177 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *