Connect with us

Hulu Sungai Tengah

60 Pencari Kerja Dilatih Perbengkelan dan Menjahit

BARABAI, RK – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja menggelar pelatihan bagi pencari kerja jurusan bengkel sepeda motor, menjahit dan Las.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Bupati Bupati HST, A Chairansyah yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Zainuddin, bertempat di Balai Pelatihan Kerja (BLK) Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten HST, Kamis (5/3/2020) .

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja HST H Jamhasari melaporkan kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan kerja dan keahlian serta menyiapkan tenaga kerja siap pakai yang mampu bersaing di era globalisasi.

“Pelatihan terdiri 3 paket yaitu bengkel sepeda motor, menjahit dan Las. Pelatihan keterampilan ini diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari masing-masing jurusan sebanyak 20 orang dan dilaksanakan selama 24 hari dari tanggal 5 Maret hingga  2 April 2020,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati HST A Chairansyah dalam sambutannya yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Zainuddin menyampaikan, dengan adanya program-program nasional dalam pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran, pemerintah daerah dengan daya upaya memberikan pelatihan ketrampilan kerja sehingga kewirausahaan di daerah dapat terus berkembang .

“Disamping itu pula peningkatan daya saing ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui peningkatan program pelatihan tenaga kerja yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan profesional agar dihasilkan output tenaga kerja yang kompeten,” tambahnya.

Dia sangat mengafresiasi kegiatan pelatihan ini , yang Insya Allah akan dilaksanakan selama 24 hari ke depan. “Dan saya sangat berterima kasih pula kepada pihak penyelenggara pelatih dari latihan kerja provinsi dan LPK ” Kurnia ” yang bersedia membagikan ilmu dan keterampilan dalam bidang perbengkelan sepeda motor, las dan menjahit,” ucapnya.

Dia berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh-sungguh, dengan harapan agar para peserta bisa mengembangkan dan menerapkan ilmu yang di peroleh, sehingga akan tercipta tenaga kerja baru yang memiliki keterampilan guna mensejahterakan keluarga bahkan masyarakat.

Acara dirangkai penyerahan secara simbolis Kartu Jaminan Keselamatan Kerja (JKK), JKM dan ATK pelatihan ke pada peserta pelatihan, dan dilanjutkan sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan.(ary)

Editor: Agus Salim

Di Posting 06/03/2020 6:06 AM by Agus Salim

 591 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *