Connect with us

Ekonomi

BI Kalsel Diminta Yakinkan Ekonomi Indonesia Tetap Aman

BANJARMASIN, RK- Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo berharap, Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Kalsel dapat ikut menjaga kepercayaan masyarakat maupun pelaku usaha terhadap kondisi ekonomi yang ada di Indonesia saat ini.

Hal tersebut diungkapkannya disela kegiatan pengukuhan KPW BI Provinsi Kalsel Amanlison Sembiring, Jumat (06/03/2020) di Aula Mahligai Pancasila Banjarmasin.

“Harus kita akui penyebaran virus corona yang sampai ke Indonesia cukup berimbas negatif kepada perekonomian beberapa waktu terakhir. Walau begitu kami pastikan ini hanya sementara dan tugas KPW BI Kalsel adalah dapat menyampaikan hal tersebut kepada masyarakat dan pelaku usaha,” tegasnya.

Dirinya meyakini perekonomian Indonesia akan kembali bertumbuh pada Triwulan II Tahun 2020, seiring upaya pemerintah maupun dunia dalam menyelesaikan permasalahan virus Corona.

“Jadi masyarakat maupun pelaku usaha tidak perlu risau, yakinlah ekonomi Indonesia bisa tetap tumbuh tahun ini. Namun memang perlu waktu untuk menggeliatkannya kembali,” tambahnya.

Selain itu dalam kesempatan ini dirinya juga berharap KPW BI Kalsel dapat melakukan kordinasi maupun langkah-langkah strategis agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia maupun Banua di Triwulan I tidak terpelosok begitu dalam.

“Salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga angka inflasi di Kalsel pada level yang masih wajar. Ini nanti harus dilakukan kordinasi melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) bersama steakholders terkait,” ujarnya.

Lalu langkah lainnya adalah tetap berupaya pembinaan terhadap pelaku UMKM agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya. Hal ini penting mengingat ditengah kondisi ekonomi yang kurang baik sekarang, UMKM adalah motor pergerak roda perekonomian yang masih bisa tetap diandalkan.

“Dorong UMKM di Kalsel agar bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi. Ini penting agar mereka tidak kalah bersaing,” harapnya.

WAWANCARA: Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo – Foto Arief

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Kalsel Amanlison Sembiring berkomitmen untuk meningkatkan kordinasi dengan steakholders terkait dalam rangka menghadapi isu virus corona yang cukup membuat ekonomi di Indonesia maupun Kalsel terimbas negatif.

Dirinya pun dalam kesempatan ini berharap masyarakat Banua untuk tidak perlu berlebihan dalam menanggapi virus corona yang kini masuk ke Indonesia.

Hal ini menurutnya penting, karena jika masyarakat menyikapinya secara berlebihan, dapat ikut membuat kondisi ekonomi di Banua terimbas negatif.

“Misalnya karena menyikapinya berlebihan, membuat aksi borong kebutuhan pokok dipasaran meningkat. Ini kan tentu tidak baik bagi ekonomi Kalsel, karena hal tersebut dapat memicu inflasi,” tuturnya.

Saat ini Pemerintah Provinsi juga sudah gencar melakukan antisipasi agar virus corona tidak masuk ke  Kalsel. Jadi menurutnya masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan masalah virus corona secara berlebihan.

“Sikapi masalah ini dengan bijak, baik itu dengan melakukan langkah pencegahan dengan memakai masker, memeriksa kondisi tubuh secara rutin maupun meningkatkan kekebalan tubuh dengan berolahraga. Ini jauh lebih efektif ketimbang melakukan aksi borong kebutuhan pokok,” tukasnya.(ar)

Editor: Agus Salim

Di Posting 06/03/2020 7:04 AM by Arief Syarkawie

 606 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *