Connect with us

Hulu Sungai Tengah

Pembakal dan Perangkat Desa Ikuti Bimtek Pengelolaan Keuangan

BARABAI, RK – Bupati Hulu Sungai Tengah H A Chairansyah  membuka workshop pengadaan barang dan jasa kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan dan bimtek pengelolaan keuangan desa bagi para pembakal, perangkat, staf desa se-Kabupaten HST  di Auditorium Kantor Bupati Hulu Sungai Tengah,  Kamis (5/3/2020).

Kegiatan dihadiri Kabag Pemerintahan Drs Musyidi, Ketua Yayasan Pengembangan Inovasi Bangsa Ishak, Camat BAS Eddy Rahmawan , Camat Barabai H Zainuddin, para lurah, pembakal, perangkat desa dan undangan lainnya.

Ketua Yayasan Pengembangan Inovasi Bangsa selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan, kegiatan workshop dilaksanakan dari tanggal 5-7 Maret 2020, dan untuk kegiatan bimtek perangkat desa dari tanggal 5-8 Maret 2020. Keduanya mengambil tempat di Grand Dafam Q-Hotel Banjarbaru.

Kegiatan workshop pengelolaan dana kelurahan dengan materi konsep pengadaan barang jasa kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan sesuai Permendagri  Nomor 130 Tahun 2018. Sedangkan bimtek perangkat desa dengan materi urgensitas pengelolaan keuangan desa sesuai Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dan Peraturan LKPP Nomor 12 Tahun 2019.

Narasumber untuk workshop Samsul Ramli S.Sos.Cert.SCM (ITC) dan bimtek dari ahli PBJ desa  H Husairi.SSTP serta dari Kemendagri RI. Peserta workshop 30 orang berasal dari 8 Kelurahan dan untuk bimtek 40 orang berasal dari satu kecamatan, yaitu Kecamatan Batang Alai Selatan.

Bupati HA Chairansyah menyampaikan Pemkab HST dalam koridor melaksanakan fungsi pembinaan pengelolaan dana kelurahan, memandang penting diselenggarakannya  workshop ini guna menyamakan, menguatkan wawasan dan skill Lurah sebagai Kuasa Pengguna Anggaran dan Kasi Ekobang sebagai PPTK berkaitan dengan peraturan dan teknis pengelolaan dana kelurahan.

“Hasil yang diharapkan dari workshop ini tentunya adalah terbentuknya kesamaan persepsi dan kesatuan langkah dalam pengelolaan dana kelurahan di lingkungan Pemerintah Kabupaten HST sesuai ketentuan dan perundang-undangan,” ujar Chairansyah.

Selanjutnya Chairansyah mengharapkan dengan kegiatan workshop dan bimtek ini semua peserta bisa memahami dan benar-benar mengerti serta mampu menerapkannya di instansi masing-masing, baik masalah pengadaan barang dan jasa maupun masalah keuangan desa dengan aplikasi digital.

“Bisa menggunakan siskeudes dengan benar dan pengelolaan dana desa menjadi lebih baik, tepat, transparan dan bersinergi dengan pemerintah pusat,” pungkasnya.(ary)

Editor: Agus Salim

Di Posting 06/03/2020 6:26 AM by Agus Salim

 618 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *