Connect with us

Kalteng

Dinas Perikanan Pulpis, Keluarkan Larangan Tangkap Anakan Ikan Air Tawar

Kadis Perikanan Pulpis, Riduan Syahrani.

PULANG PISAU – Dinas Perikanan Pulang Pisau berencana akan berlakukan larangan menangkap anakan ikan Haruan (Gabus ) dan Papuyu (Betok). Rencana pelarangan tersebut disampaikan Kadis Perikanan Pulpis, Riduan Syahrani saat ditemui dikantornya, kemarin.

” Tujuan untuk menjaga ekosistem ikan agar alami. Selama ini kita sering melihat praktek penangkapan anak-anak ikan, lalu dijual dipasar untuk dikonsumsi. Kalau dilihat, mengkonsumsi anak ikan memang enak dan bergizi. Namun kita juga harus memperhitungkan ekosistem ikan air tawar agar tidak punah,” tutur Riduan.

Dilanjutkan Riduan Syahrani lagi, tahun ini pihaknya akan fokus untuk merancang aturan tersebut. Hingga bisa diusulkan ke Bupati dan DPRD agar bisa dibuat Perda. Apalagi aturan pelarangan menangkap anakan ikan, menurut Riduan didaerah lain sudah mulai diterapkan.

” Dengan pelarangan tersebut harapannya populasi ikan air tawar akan meningkat jumlahnya. Berbeda jika anakan yang dijual adalah hasil budidaya, kita persilahkan saja ,” tutur Riduan. ( ds )

Editor : Arif Syarkawie

 156 Views

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *